Share

Dituding Gunakan Aset Negara, Pemuda Pancasila Jakpus: Kami Menyewa

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 14 Desember 2021 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 338 2516529 dituding-gunakan-aset-negara-pemuda-pancasila-jakpus-kami-menyewa-knABmcVB0Y.jpg Pemuda Pancasila Jakarta Pusat (Foto : PP Jakpus)

JAKARTA - Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum Majelis Pimpinan Cabang (BPPH MPC) Pemuda Pancasila Jakarta Pusat Esperanza Samosir angkat bicara soal tudingan menduduki aset negara. Ia menegaskan, bahwa pihaknya menyewa ruko tersebut beberapa lantai bukan menguasai satu gedung.

"Tahun 2019 di bawah kepemimpinan ketua Royan menjabat sebagai ketua MPC Jakarta Pusat kami melanjutkan sekretariat yang berada di Jalan Letjen Suprapto tersebut yang di pinjamkan oleh seseorang yaitu satu lantai, Namun karena melihat kurangnya ruangan satu lantai di ruko tersebut kami memutuskan untuk menyewa lantai lain agar dapat beraktifitas menjalankan roda organisasi," ujar pria yang akrab Anca itu, Senin (13/12/2021).

Ia menambahkan, dikarenakan kegiatan sosial yang dilakukan Pemuda Pancasila Jakarta Pusat cukup padat dan membutuhkan ruangan untuk menyimpan sembako, tabung oksigen dan peralatan untuk kegiatan sosial oleh karna itu pihaknya menyewa lantai lainnya.

"Namun beberapa bulan setelah pihak kami menyewa lantai lainnya datang surat dari LMAN pada bulan Agustus tahun 2020, untuk menanggapi surat tersebut kami hadir ke LMAN, perwakilan MPC Jakarta Pusat yaitu saya selaku ketua BPPH MPC dan Sekretaris MPC Jakarta Pusat Edward dan, pada pertemuan tersebut pihak LMAN memberitahukan bahwa ternyata aset tersebut milik LMAN dan LMAN memberikan arahan untuk tetap dapat mengunakan aset tersebut dengan mengajukan surat permohonan pinjam pakai ke pihak LMAN," tuturnya.

Karena hubungan antara PP Jakpus dengan LMAN berjalan baik pada Juni 2021 MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat mengundang pihak LMAN ke aset LMAN ( sekretariat MPC pemuda Pancasila Jakarta pusat) tersebut dan terjadi kesepakatan secara lisan antara LMAN dan pemuda Pancasila untuk meminjamkan aset tersebut selama 1 sampai 2 priode, dengan catatan pihak MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat mengirimkan surat permohonan pemanfaatan aset ke pihak LMAN.

Baca Juga : Diperiksa Polda Metro, Sekjen Pemuda Pancasila Dicecar 22 Pertanyaan

Pada tanggal 30 November 2021 pihak MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat menyampaikan surat permohonan tersebut, akan tetapi pada tanggal 01 Desember 2021 Ketua MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat menerima surat dari LMAN perihal pengosongan tempat tersebut.

"Tanggal 4 Desember 2021 ketua Royan Khalifah menerima surat dari Polres Metro Jakarta Pusat perihal pemanggilan klarifikasi atas Laporan dari LMAN, anehnya ternyata surat laporan dari pihak LMAN dibuat pada tanggal 30 november 2021 sebelum surat perintah pengosongan diberikan kepada MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat, padahal LMAN sudah tahu kalau pihak MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat menyewa dari orang lain," kata Anca.

Setelah dilakukannya Klarifikasi di Polres Metro Jakarta Pusat, Royan selaku Ketua MPC Pemuda Pusat Jakarta Pusat memerintahkan untuk mengosongkan ruko yang disewa tersebut pada hari Kamis 9 Desember 2021.

"Karena kami Pemuda Pancasila taat dan patuh akan hukum, dan perlu di garis bawahi kordinasi kami pun dengan LMAN cukup baik.Dan mengenai pengosongan kemarin saya rasa pihak kepolisian terlalu berlebihan mengerahkan personil bersenjata lengkap beserta TNI dan Satpol PP yang notabene sejak 9 desember 2021 aset tersebut sudah kami kosongkan," imbuhnya.

Anca juga menyayangkan sikap aparat. Padahal, lanjui, MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat itu menggunakan kantor sekretariat yang disewa itu dengan fungsi yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Bahkan kita siap ketika ditanyakan keberadaan PP di Jakpus apakah pernah meresahkan masyarakat apakah mengadakan pungli apakah pernah merugikan wilayah Jakarta Pusat, sama sekali tidak. Bahkan MPC PP Jakpus dengan kegiatan sosialnya hampir rutin. Membantu pemerintah mengatasi Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan, pembagian masker, pembagian sembako, peminjaman tabung oksigen gratis, membantu masyarakat yang membutuhkan, membawa jenazah ke pemakaman selama Covid-19 itu PP Jakpus sangat berkontribusi untuk wilayah Jakpus," tutup Anca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini