Share

Fasilitasi Balap Liar, Polda Metro Gelar Diskusi dengan Komunitas

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 15 Desember 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 338 2517295 fasilitasi-balap-liar-polda-metro-gelar-diskusi-dengan-komunitas-0Ww0YTOlYL.jpg Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan pihaknya tengah melakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait wacana balap liar akan difasilitasi pihak kepolisian.

"Saat ini perkembangan persiapan sirkuit untuk komunitas balap liar, saat ini kami akan mengadakan FGD diskusi santai dengan para komunitas, IMI, pemprov dan lain-lain," ujar Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (15/12/2021).

Baca juga:  Bikin Ngilu! Video Tabrakan Adu Banteng Pemotor Ugal-ugalan Viral di Medsos

Ia menyebutkan, dalam FGD yang rencananya akan dilaksanakan pada Selasa 21 Desember 2021, tersebut akan mengundang sejumlah pihak terkait.

"Ada IMI, Pemprov, Dishub, komunitas, bengkel macem-macem, pokoknya seluruh instansi terkait. Termasuk juga komunitas balap liar diundang," jelas Sambodo.

Baca juga:  Kapolda Metro: Ganja Banyak Dipakai Pemuda yang Akan Tawuran dan Balap Liar

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mewacanakan akan memfasilitasi kegiatan balap liar di ibukota Jakarta untuk bisa melakukan kegiatan kompetisi balap yang legal dan tidak meresahkan masyarakat.

Hal tersebut kata Fadil Imran berkaca dengan maraknya aksi balap liar yang dilaksanakan sejumlah anak muda disejumlah ruas jalan ibukota Jakarta pada malam hari.

"Anak-anak kita ini suka yang aneh-aneh, jalan raya dipakai balap sehingga mengganggu orang lain, membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain," ujar ujar Fadil Imran usai upacara penutupan pelatihan peningkatan kemampuan Tim Patroli Perintis Presisi di lapangan Mapolda Metro Jaya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Oleh sebab itu Kapolda Metro Jaya berencana mengadakan balapan untuk para pembalap liar di Jakarta dan wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Makanya saya rencananya mau membuat balapan untuk para pembalap jalanan (balap liar). Jadi balap liar itu saya fasilitasi, bukan dimusuhi, bukan ditangkapi, akan saya fasilitasi dia," ungkap Fadil Imran.

Ia melihat fenomena banyaknya tantangan di media sosial instagram tentang balapan liar di malam hari agar dilakukan pembinaan.

"Kan ada itu Bekasi Night Ride, Kemayoran Night Ride, ada lagi macam-macam itu yang tantangan-tantangan di Instagram itu. Saya sudah banyak masukan dari masyarakat yang minta tolong agar balapan liar di malam hari dibina," kata Fadil Imran.

Fadil Imran mengaku tengah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya serta pemangku kepentingan lainnya untuk bisa memfasilitasi hal rencana tersebut.

"Di Jakarta insya Allah saya akan buat program untuk menggandeng anak-anak muda yang biasa balapan di jalan. Kita buat semacam sirkuit dengan event bulanan. Jadi tidak perlu dia malam-malam. Kalau perlu kita buat sirkuit malam atau siang. Ditlantas sedang memikirkan dimana lokasinya," pungkas Fadil Imran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini