Share

Kasus Rachel Vennya, Polda Metro Usut Dugaan Pungli Rp40 Juta

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 16 Desember 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 338 2518062 kasus-rachel-vennya-polda-metro-usut-dugaan-pungli-rp40-juta-MooWsynruT.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Terkait kasus kabur dari karantina yang dilakukan selebgram Rachel Vennya, Polda Metro Jaya mengklaim telah mengusut dugaan pungutan liar (pungli) sebesar Rp40 juta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penyidik telah menyelesaikan penyidikan dan menyerahkan dua berkas berbeda ke kejaksaan.

"Untuk penanganan yang kemarin itu hasilnya ada dua berkas," kata Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (16/12/2021).

Zulpan menjelaskan, berkas pertama yang diserahkan terkait dengan kasus pelanggaran karantina yang dilakukan Rachel Vennya bersama kekasihnya Salim Nauderer dan sang manajer Maulida Khairunnisa.

Sementara untuk berkas kedua berkaitan dengan tersangka Ovelina Pratiwi yang menerima uang sebesar Rp40 juta dari Rachel Vennya karena membantu proses kabur dari karantina tersebut.

"Berkas yang satu itu soal Oveline," lanjutnya.

Baca Juga : Kasus Karantina Rachel Vennya, Kompolnas: Polisi Perlu Usut Pungli Rp40 Juta

Meski begitu, Zulpan enggan membeberkan lebih lanjut dugaan pungli dalam berkas perkara Ovelina Pratiwi. Ia hanya menegaskan semua perkara telah selesai diusut.

"Semua sudah ditangani dalam pemberkasannya, hasil penanganan yang kemarin itu masuk ke dalam dua berkas," tukas Zulpan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md meminta agar setoran Rp40 juta yang diberikan Rachel Vennya ke Ovelina Pratiwi untuk bisa kabur dari tempat karantina diusut.

"Jadi yang saya baca di pengadilan itu pengakuannya, saya (Rachel Vennya) bayar ke mbak ini Rp 40 juta, lalu disetor ke ASN suatu institusi itu sekian. Nanti saya mau sampaikan agar itu diusut biar enggak biasa melakukan itu," kata Mahfud.

Dalam persidangan, terdakwa kasus pelanggaran karantina Rachel Vennya mengaku mengeluarkan uang puluhan juta untuk kabur dari karantina. Rachel kemudian menjelaskan dirinya dibantu oleh oknum bernama Ovelina dalam kasus ini.

"Saya membayar Rp 40 juta dan uangnya sudah dikembalikan ke saya. Waktu itu diserahkan ke Ovelina," kata Rachel dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, Jumat 10 Desember 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini