Share

Sungai Cidurian di Bogor Meluap, Tanggul Jebol Rumah Warga Terendam

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 16 Desember 2021 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 338 2518261 sungai-cidurian-di-bogor-meluap-tanggul-jebol-rumah-warga-terendam-Uv4GwOMDpI.jpg Tanggul jebol. (Foto: Istimewa)

BOGOR - Hujan deras membuat aliran Sungai Cidurian di Kampung Banar, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor meluap. Tanggul yang sedang dibangun jebol dan meluap ke rumah warga.

Berdasarkan video yang diterima, terlihat luapan air Sungai Cidurian masuk ke permukiman. Beberapa warga nampak sedang berupaya menahan laju air sambil membawa beberapa barang.

Jeritan histeris terdengar ketika salah satu bagian rumah warga yang berada dekat dengan sungai berjatuhan karena tergerus air. Beberapa warga pun langsung lari menghindar dari rumah tersebut.

Kasi Kedaruraran BPBD Kabupaten Bogot M. Adam membenarkan kejadian dalam video tersebut. Aliran Sungai Cidurian yang meluap menjebol tanggul yang tengah dibangun oleh Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Hujan Sepekan, 8 Tanggul Sungai di Bandung Jebol

"Air memang sedang tinggi, ada tanggul yang lagi dibangun. Mungkin karena belum selesai, jadi jebol air masuk ke pemukiman dan terjebak," kata Adam, Kamis (16/12/2021).

Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini. Hanya saja, berdasarkan data sementara dari petugas di lokasi terdapat satu rumah warga yang rusak tergerus air dan jalan desa amblas. 

Follow Berita Okezone di Google News

"Data sementara hanya satu rumah rusak sama jalan desa. Tapi jalanya masih bisa dilalui mobil," jelasnya.

Saat ini, dilaporkan kondisi air di pemukiman tersebut perlahan sudah surut. Petugas di lokasi masih melakukan assesment dan pendataan lebih lanjut ada tidaknya dampak lain dari kejadian itu.

"Kondisi sekarang sudah surut, laporan sementara seperti itu," tutup Adam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini