Share

Pemprov DKI Tambah Gerai Samsat Terpadu di 2 Pusat Perbelanjaan

Komaruddin Bagja, Sindonews · Sabtu 18 Desember 2021 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 18 338 2519078 pemprov-dki-tambah-gerai-samsat-terpadu-di-2-pusat-perbelanjaan-8SdT6U9vgQ.jpeg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah Sarana Pelayanan Publik Terpadu atau Gerai SAMSAT Terpadu, di pusat perbelanjaan atau mall. Gerai terbaru yang berlokasi di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur dan Mall Metro Kebayoran, Pesanggrahan, Jakarta Selatan ini resmi dibuka pada hari Sabtu, 18 Desember 2021.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas PM PTSP Provinsi DKI Jakarta, Bapenda Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta terus memberikan pelayanan terbaik kepada warga Jakarta, di antaranya pelayanan pajak kendaraan bermotor, perpanjangan SIM C dan SIM A, serta pelayanan kependudukan dan catatan sipil.

Baca juga:  Korlantas Tingkatkan Layanan Digital dalam Samsat, Irwasum Polri : Dapat Minimalkan Penyimpangan

Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT di PGC ini diresmikan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Gedung PGC, Lantai 2, Jl Dewi Sartika, Jakarta Timur, Sabtu (18/12).

Pada kesempatan itu, ia turut menyampaikan doa dan harapan dalam rangka tasyakuran milad PGC. Wagub Ariza pun berharap dengan hadirnya Pelayanan Publik Terpadu di PGC, warga Jakarta dapat dengan mudah mengurus berbagai pelayanan publik terpadu dalam satu tempat, utamanya bagi warga Jakarta Timur.

"Selamat milad PGC, semoga terus berkontribusi dalam perputaran roda perekonomian Jakarta dan mendukung pengendalian Covid-19 dengan disiplin menerapkan prosedur operasional pusat perbelanjaan di masa pandemi. Saat ini, terdapat 11 gerai di mall/pusat perbelanjaan di Jakarta. Penyediaan Sarana Pelayanan Publik Terpadu, perizinan dan non-perizinan (PTSP) dan pelayanan Dukcapil ini dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang mudah dijangkau dan transparan," jelasnya.

Baca juga:  Sempat Ditutup karena Pegawai Terpapar Covid-19, Warga Membludak di Samsat

Hadirnya Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT di berbagai mall/pusat perbelanjaan ini menunjukkan Pemprov DKI Jakarta berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, dengan sistem jemput bola ke pusat-pusat bertemuanya orang, salah satunya di mall/pusat perbelanjaan.

"Saya sangat berharap Pelayanan Publik Terpadu ini juga harus segera bergerak meningkatkan diri ke ranah online via aplikasi misalnya. Jadi, pelayanan (bisa) dilakukan secara online, cukup masuk ke aplikasi; pelayanan yang offline tetap ada, yang online juga tetap ada," ujar Wagub Ariza.

Wagub Ariza turut mengimbau agar warga Jakarta dapat memanfaatkan fasilitas insentif pajak daerah akhir tahun 2021 ini sebelum habis waktunya. Warga Jakarta yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Gerai SAMSAT dapat memanfaatkan Insentif Pajak Daerah Akhir Tahun 2021 sesuai dengan kebijakan Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2021 untuk melunasi kewajiban perpajakannya.

Adapun kebijakan insentif untuk PKB, yaitu:

a. Bagi wajib pajak yang membayar pokok PKB untuk tahun pajak sebelum 2021 pada periode 14-31 Desember 2021 mendapatkan keringanan pokok sebesar 5%.

b. Pokok PKB tahun 2021 diberikan keringanan sebesar 5% bagi wajib pajak yang membayar pada periode 14-31 Desember 2021.

c. Dihapuskan sanksi administrasi terlambat bayar untuk tahun 2021 dan sebelum tahun 2021.

Perlu diketahui, bersamaan dengan kegiatan peresmian tersebut, dilakukan juga penandatanganan kerja sama terbaru pelayanan Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT yang sudah berjalan dengan 8 (delapan) pengelola mall lainnya.

Sehingga, saat ini warga Jakarta bisa membayar PKB tahunannya di 11 (sebelas) mall/pusat perbelanjaan ternama di wilayah Jakarta, yaitu:

1. Pusat Grosir Cililitan

2. Mall Metro Kebayoran

3. AEON Mall Jakarta Garden City

4. Grand Cakung

5. Tamini Square

6. Blok M Square

7. Gandaria City

8. Mall Taman Palem

9. Lippo Mall Puri

10. Pluit Village

11. Pasar Pagi Mangga Dua

Diharapkan, dengan bertambahnya alternatif tempat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ini, masyarakat merasa nyaman dan mudah membayar kewajiban PKB tahunannya, karena lokasi Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT strategis dan dekat kegiatan ekonomi masyarakat. Adapun jam operasional Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT di mall/pusat perbelanjaan ini melayani masyarakat pada hari Senin–Jumat pukul 10.00-14.00 WIB.

Kegiatan peresmian Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai SAMSAT PGC turut dihadiri Kepala Bapenda Provinsi DKI Jakarta, Lusiana Herawati; Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta; jajaran Dirlantas Polda Metro Jaya; PT. Jasa Raharja; PT. Bank DKI; Badan Pertanahan Nasional Wilayah Provinsi DKI Jakarta; serta PT. Wahana Cipta Sejahtera.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini