Share

Wagub DKI Harapkan Tanggul NCICD Dapat Berperan Maksimal Cegah Banjir Rob Pesisir Utara

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 26 Desember 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 338 2522877 wagub-dki-harapkan-tanggul-ncicd-dapat-berperan-maksimal-cegah-banjir-rob-pesisir-utara-JwImAk1WbC.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau pembangunan tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di pesisit Utara Jakarta atau tepatnya di Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara. Ia ingin memastikan pembangunan tanggul dapat berperan maksimal mencegah banjir rob.

"Hari ini saya berkesempatan meninjau buatan tanggul pembuatan tanggul pantai NCICD sebagai upaya penanggulangan banjir rob seperti kita ketahui banjir itu sumbernya dari banjir lokal dari atas hujan dari banjir rob ataupun banjir bandang," kata Ariza di Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021).

BACA JUGA: Wagub DKI Larang Warga Berkerumun dan Nyalakan Kembang Api saat Tahun Baru

Ariza pun merinci bahwa dari proyek 130 kilometer mulai Kamal Muara sampai Kali Blencong merupakan prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sementara sisa 33 kilometer merupakan tanggung jawab pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA: BPBD DKI : Jaktim dan Jaksel Waspada Banjir

"Dari semua itu kita prioritas kan pertama di 46 kilometer dulu, dari 46 kilometer di titik titik yang cukup kritis kita baru menyelesaikan 12,6 kilometer dan sisanya 33 kilometer nanti akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR sebesar kurang lebih 11 kilometer dan Pemprov 22 kilometer ini kerjasama Kementerian PUPR dan Pemprov DKI melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA)," ujarnya.

Lebih lanjut, Ariza meminta masyarakat yang berada di pesisir utara Jakarta agar bersabar selama proses pengerjaan tanggul rampung. Apalagi Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan berbagai cara antisipasi rob.

"Kita juga di sini membantu untuk membuat tanggul-tanggul sementara, dengan tumpukan pasir, tanah, dan batu sesuai kemampuan kita masing-masing," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini