Share

H+2 Natal, Kondisi Stasiun Pasar Senen Masih Lenggang

Indra Purnomo, MNC Portal · Senin 27 Desember 2021 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 338 2523055 h-2-natal-kondisi-stasiun-pasar-senen-masih-lenggang-omC88Ac6fg.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Penumpang kereta api di Stasiun Senen nampak lenggang, terlihat sejumlah kursi yang tersedia di stasiun cukup untuk menampung penumpang, Senin (27/12/2021). Pasca-libur Hari Raya Natal 2021.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, para calon penumpang tertib dalam menerapkan prorokol kesehatan. Terlihat para calon penumpang memakai masker dengan benar. Para calon penumpang pun lalu lalang di Stasiun Pasar Senen.

Baca juga:  Libur Natal 2021, Jumlah Penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali Turun

Penumpang ada yang melakukan pencetakan tiket hingga menunggu giliran untuk swab antigen. Adapun swab antigen menjadi salah satu persyaratan perjalanan kereta api jarak jauh. Tampak sejumlah petugas keamanan pun tengah berjaga di beberapa titik area stasiun. Pengawasan pemakaian masker bagi pelanggan Kereta Api Indonesia (KAI) pun diperketat.

Petugas keamanan tersebut berjaga mulai dari pintu masuk stasiun, tempat tunggu calon penumpang KAI, sampai area pintu masuk ke dalam kereta.

 Baca juga: Terkena Ganjil-Genap, Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan Parkir Sembarangan di Pinggir Jalan

"Perlihatkan tiket dan KTP-nya, Pak," ujar petugas kepada para calon penumpang kereta api, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (27/12/2021).

Sementara itu, Kepala Humas KAI DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir mengalami volume penumpang yang saat ini masih normal kondusif. Dia berujar pihaknya melakukan penyesuaian perjalanan kereta api.

"Karena memang dari sisi perjalanan KA kami melakukan penyesuaian. Artinya untuk kereta api yang berangkat di masa Nataru ini hanya sekitar 48 kereta api per harinya dari Gambir dan juga Pasar Senen ini kisaran rata-rata per hari ya," ujar Eva.

"Tapi kalau kita bandingkan dengan masa normal di masa Nataru itu bisa mencapai 84 kereta api itu di masa normal sebelum pandemi. Itu memang perjalanan masa kereta api di masa Nataru saat ini mengalami penyesuaian," sambungnya.

Eva membeberkan, pada hari ini Senin (27/12/2021), jumlah keberangkatan penumpang mengalami penurunan. Penurunan penumpang itu tampak di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Dia mengatakan sebanyak 3.800 penumpang meninggalkan Ibu Kota melalui Stasiun Pasar Senen. Kemudian, 2.500 penumpang melalui Stasiun Gambir.

"Hari ini di Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 21 kereta api yang beroperasi dengan jumlah penumpang sekitar 3.800. Kalau untuk di Stasiun Gambir sendiri hari ini terdapat 29 kereta api yang beroperasi dengan jumlah penumpang sekitar 2.500. Kemudian, ini sekidit menurun dibandingkan dengan kemarin, kalau kemarin itu Gambir sekitar 3.500-an, Pasar Senen sekitar 4.300-an," kata Eva.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini