Share

BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob di Pesisir Tangerang pada Awal Tahun 2022

Isty Maulidya, Okezone · Jum'at 31 Desember 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 338 2525503 bmkg-ingatkan-potensi-banjir-rob-di-pesisir-tangerang-pada-awal-tahun-2022-bPLRYOfrqI.jpg Illustrasi banjir rob di Tangerang (foto: dok MNC Portal)

TANGERANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan warga yang tinggal di wilayah pesisir Tangerang, kemungkinan adanya banjir rob di awal Januari 2022 mendatang.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas I Tangerang, Urip Setiyono mengatakan, bahwa potensi banjir rob disebabkan oleh adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan posisi bulan yang saat ini sedang dalam jarak terdekat dengan bumi.

"Adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan," ujar Urip, Jumat (31/12/2021).

Baca juga:  Terendam Banjir Rob, Warga Desa Tanjung Pasir Tangerang Butuh Bantuan

Urip melanjutkan kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Beberapa wilayah pesisir Indonesia termasuk di pesisir Tangerang, dihimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," lanjutnya.

Baca juga:  Awas Bencana Banjir Rob di Wilayah Pesisir Kota Batam Akhir Pekan

Sebelumnya diketahui bahwa banjir rob seringkali menerjang wilayah pesisir utara Tangerang. Pada awal November lalu, banjir rob bahkan menggenangi kampung Cheng In hingga kurun waktu satu Minggu. Banjir rob juga terjadi lagi di wilayah tersebut pada awal Desember lalu selama hampir satu Minggu.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini