Share

Bima Arya : Malam Tahun Baru Kondusif, Warga Menahan Diri

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 01 Januari 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 338 2525945 bima-arya-malam-tahun-baru-kondusif-warga-menahan-diri-YPwFKgeqv4.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut malam Tahun Baru di wilayahnya kondusif. (Ist)

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut mayoritas masyarakat sudah menahan diri untuk tidak bereuforia saat malam pergantian tahun. Karena itu, secara umum malam Tahun Baru di Kota Bogor telah dilewati dengan kondusif.

"Secara keseluruhan banyak warga yang menahan diri. Memang ada arus motor, kemudian diputar balik. Nyaris tidak ada perayaan atau pesta kembang api di hotel-hotel, kafe, dan sejenisnya. Artinya imbauan kami ditaati dan kami bersyukur pergantian tahun berjalan dengan baik, dengan tertib sesuai dengan yang diharapkan. Sampai saat ini belum terdengar ada laporan hal yang tidak diinginkan di wilayah, kata Bima, Sabtu (1/1/2022) dini hari tadi.

Penutupan beberapa ruas jalan protokol di pusat kota juga dinilainya sangat efektif membatasi mobilitas warga. Kerumunan akhirnya bisa diminimalkan.

"Ruas jalan-jalan protokol dilakukan penutupan untuk mencegah terjadinya kerumunan di pusat Kota Bogor. Hingga tengah malam pusat kota terpantau aman terkendali. Penyekatan dan penutupan jalan di beberapa ruas itu terbukti sangat efektif untuk mengurangi mobilitas warga," ucap Bima.

Sementara itu, Kapolrsta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro menyatakan, sebanyak 1.360 personel gabungan melaksanakan kegiatan untuk memonitor dan antisipasi berbagai kerumunan tidak hanya di pusat kota tetapi di 30 titik lainnya.

Baca Juga : Menko PMK Sebut Masih Ada Kerumunan saat Malam Tahun Baru, tapi Kondusif

"Kecamatan, Polsek, Koramil juga memonitor titik lainnya. Jangan sampai tengah kota dikosongkan, tapi membludak di pinggiran sehingga kami bersiap apabila memang terjadi penumpukan kendaraan atau orang di luar pusat kota," ucap Susatyo.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ia mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah patuh dan menahan diri untuk tidak melakukan euforia berlebihan di malam pergantian tahun ini.

"Ini menjadi modal kita semua agar Kota Bogor bisa segera keluar dari pandemi. Langkah-langkah taktis seperti ini akan terus kami terapkan karena ini masih dalam operasi lilin, terutama di weekend ini. Kami tetap memberlakukan kawasan wajib vaksin. Apabila jam 12.00-18.00 diperkirakan akan banyak kerumunan atau kepadatan, maka kami berlakukan buka tutup rekayasa lalu lintas di 6 titik ini," tuturnya.

Sebelumnya, jajaran Forkompimda Kota Bogor melakukan patroli gabungan menjelang malam pergantian tahun. Warga yang kedapatan berkumpul di beberapa ruas jalan langsung dibubarkan petugas.

Pantauan MNC Portal, patroli dimulai dari Balai Kota Bogor menuju Simpang Terminal Baranangsiang. Sesampainya di sana, tepat pukul 22.00 WIB malam tadi jajaran Forkompimda langsung mengalihkan lalu lintas yang akan menuju pusat Kota Bogor.

Selanjutnya, petugas kembali berkeliling menuju Jalan Otista, Jembatan Merah, Alun-Alun Kota Bogor, Simpang Air Mancur, Simpang Jambu Dua dan berakhir di Tugu Kujang. Selama berpatroli, warga yang berkerumun diminta membubarkan diri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini