Share

Brigjen Achmad Fauzi Datangi Habib Bahar bin Smith, Ini Penjelasan Korem 061 Suryakencana

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 01 Januari 2022 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 338 2526089 brigjen-achmad-fauzi-datangi-habib-bahar-bin-smith-ini-penjelasan-korem-061-suryakencana-91NZupFBsR.jpg Foto: Istimewa

BOGOR - Komando Resor Militer (Korem) 061 Suryakancana angkat bicara perihal viralnya video komandanya Brigjen TNI Achmad Fauzi yang mendatangi Habib Bahar bin Smith di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin, Kemang, Kabupaten Bogor.

Kapenrem 061 Suryakancana, Mayor Infantri Ermansyah mengatakan bahwa jenderal bintang satu itu datang ke kediaman Habib Bahar secara baik-baik. Dengan seragam lengkap, Brigjen TNI Achmad Fauzi menemui Habib Bahar untuk menyampaikan pesan terkait isi ceramahnya yang diduga menyinggung institusi TNI, khususnya pimpinannya.

"Pertama kedatangan Danrem itu menyampaikan pesan kepada Habib Bahar perihal isi ceramahnya yang viral karena menyinggung institusi kami. Nah Danrem menyampaikan kalau ke depan dalam ceramah, janganlah ada unsur provokatif, menyinggung institusi kami apalagi menjelekkan dan menghina pimpinan kami Jenderal TNI Dudung Abdurahman. Ini akan meresahkan masyarakat itu yang disampaikan," kata Ermansyah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/1/2022).

Selain itu, Ermansyah juga menyebut bahwa kehadiran Danrem 061 Suryakancana untuk melakukan sosialisasi mengajak masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan agar tetap tenang dan nyaman.

Baca juga: Ponpes Tajul Alawiyyin Diteror 3 Kepala Anjing, Habib Bahar Minta Polisi Usut

Selaku pimpinan, kata dia, Danrem mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kestabilan keamanan, ketertiban, dan kedamaian di lima wilayah Korem 061 Suryakancana yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Cianjur, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Diteror, Pesantren Habib Bahar Dikirimi 3 Kepala Anjing

"Harusnya seorang ulama apabila ceramah juga dapat memberikan ketenangan kedamaian untuk umat, bukan sebaliknya atau malah ngurusin prajurit yang di Papua ini sangat tidak tepat menurut kami," jelasnya.

Karena itu, Brigjen TNI Achmad Fauzi sempat menyampaikan agar Habib Bahar dapat memberikan kedamaian kepada semua orang, tidak provokatif atau menjelekkan institusi.

Menurut dia, hal ini apabila masih terjadi pihaknya tidak segan membubarkan ceramah Habib Bahar sesuai ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku dengan melibatkan aparat terkait.

"Kemarin Danrem juga didampingi dengan anggota Koramil setempat. Kehadiran itu bertujuan untuk mengajak dan saling menjaga ketertiban dan keamanan bersama-sama tidak ada untuk menakut-nakuti masyarakat seperti yang diviralkan. Bagaimana pun juga ketertiban dan kondusifitas wilayah adalah tanggung jawab kami," tutup Ermansyah.

Baca juga: Ini Barang Bukti yang Disita dari Rumah Pengunggah Konten Ujaran Kebencian Habib Bahar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini