Share

Kronologi Oknum Anggota Dishub Kota Bekasi Kawal Mobil Pribadi Warga hingga Ditilang

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Minggu 02 Januari 2022 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 02 338 2526107 kronologi-oknum-anggota-dishub-kota-bekasi-kawal-mobil-pribadi-warga-hingga-ditilang-YqnrwGDzru.jpg Dishub Kota Bekasi kena tilang di Puncak (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan salah seorang oknum anggota patwal Dinas Perhubungan Kota Bekasi saat mengawal mobil pribadi di Puncak, Kabupaten Bogor, pada Jumat 31 Desember 2021 kemarin saat dirinya sedang menjalankan tugas.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Karya Sukmajaya menuturkan anggota patwal yang ditilang Satlantas Polres Bogor, bukan melakukan pengawalan mobil pribadi atas kehendak sendiri. Melainkan, kata dia, pengawalan terhadap dua mobil masyarakat sipil itu dilakukan atas sepengetahuan pihaknya yang menerima permintaan dari warga sipil.

"Iya itu oknum, sepengetahuan (kami) minta (dikawal) itu. Ya yang namanya pelayanan, Dishub kan pelayanan masyarakat juga, jadi yang namanya pelayanan, warga minta dianter, minta dikawal. Gitu doang udah," kata Karya, Minggu (2/1/2022).

Dia membenarkan bahwa permintaan warga itu sudah menyalahi aturan dan hal tersebut tak diperkenankan untuk dilakukan oleh anggotanya yang mengantarkan masyarakat sipil untuk kepentingan pribadi.

Baca juga: Kawal Mobil Mewah ke Puncak, Mobil Dishub Kota Bekasi Kena Tilang

"Itu warga minta dianter itu, sudah salah itu, makanya ditilang, warga yang dianter," ujarnya.

Terkait pengawalan itu, lanjut dia, hingga kini pihaknya belum mengetahui maksud dan tujuannya. "Saya enggak tahu urgensinya apa, enggak sampai ke situ saya," ungkapnya.

Baca juga: Tak Hanya Tol, Jalan Alternatif Menuju Jakarta juga Terpantau Lengang

Kendati menyalahi aturan, Sukma menuturkan, oknum anggota patwal yang melakukan pengawalan itu tidak akan dijatuhi sanksi berat.

"Kita berikan teguran lisan aja. Ya namanya anggota, kita kan orang tua, ya harus kita nasihatin," tuturnya.

Baca juga: Sanksi Tilang Progresif untuk Pelanggar Ganjil Genap di Tempat Wisata saat Tahun Baru

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini