Share

Tanggul Citarum Jebol, Warga Khawatir Rumahnya Terendam Banjir

Didit Junaidi, iNews · Selasa 04 Januari 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 338 2527253 tanggul-citarum-jebol-warga-khawatir-rumahnya-terendam-banjir-vJ6ZIdeDSD.jpg Tanggul Sungai Citarum jebol (Foto: Didit Junaidi)

BEKASI - Tanggul Sungai Citarum yang sedang diperbaiki sepanjang 300 meter di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat amblas. Akibatnya, warga yang tinggal di sekitar tanggul merasa resah dan khawatir terendam banjir

Warga berharap tanggul yang jebol tersebut segera selesai perbaikannya karena warga takut bila hujan terjadi luapan air Sungai Citarum. Ribuan rumah warga akan terendam banjir.

Akibat amblasnya tanggul Sungai Citarum sepanjang 300 meter yang berada di Kampung Tapak Serang, Desa Lengah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BNPB mendatangi lokasi tanggul tersebut.

Baca Juga: Terjebak Banjir, Ibu Hamil Berhasil Dievakuasi Tim Basarnas

Amblasnya tanggul sedalam 4 meter disebabkan meluapnya air Sungai Citarum juga mengikis bantaran sungai hingga tersisa 30 centimeter yang sebelumnya 3 meter. Sayangnya, hingga kini belum ada perbaikan tanggul yang amblas tersebut. Sebab, jika turun hujan dan sungai meluap, dikhawatirkan tanggul tersebut tidak akan mampu menahan debit air.

Pemerintah setempat hanya bisa melaporkan dan meminta agar pihak berwenang, BBWAS sungai citarum segera memperbaiki tanggul yang amblas.

" Kami segera mungkin lapor ke pimpinan dinas terkait," ujar Camat Cabang Bungin, Asep Buchori.

warga berharap agar bbws dan pemerintah pusat segera datang memperbaiki tanggul yang jebol tersebut. Ratusan warga di sekitar tanggul kini bersiaga bersama BPBD untuk melakukan pengungsian dan evakuasi jika air Sungai Citarum meluap.

"Saya meminta kepada pemerintah baik daerah dan pusat agar secepatnya ditanggulangi," ujar salah satu warga, Rahman.

Baca Juga: 9.459 Warga Aceh Tamiang Mengungsi Akibat Banjir

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini