Share

Damkar Ungkap Penyebab Kebakaran Lahan Samping Kantor BPJS Kesehatan Cempaka Putih

Carlos Roy Fajarta, · Minggu 09 Januari 2022 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 338 2529466 damkar-ungkap-penyebab-kebakaran-lahan-samping-kantor-bpjs-kesehatan-cempaka-putih-6Ux3JlQQ4n.jpg Foto: Damkar Jakarta Pusat.

JAKARTA – Kebakaran yang terjadi di sebuah lahan kosong di samping Gedung BPJS Kesehatan, Jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada Minggu (9/1/2022) disebabkan oleh material plastik fiber yang terbakar.

"Pak Jaenal salah satu petugas yang bekerja di lokasi melakukan pembakaran sampah di lokasi kejadian kemudian api membesar dan merambat ke tumpukan box lampu PJU. Kemudian yang bersangkutan langsung meminta bantuan orang-orang di sekitar, dan langsung menghubungi Damkar terdekat," kata Perwira Piket Pemadam Kebakaran Gulkarmat Jakarta Pusat, Unggul Wibowo di lokasi kebakaran.

BACA JUGA: Kebakaran Samping Gedung BPJS Kesehatan Cempaka Putih, 19 Unit Damkar ke TKP

"Ini plastik bekas lampu jalan. Barang-barang bekas gudang disini. Kesulitan tidak ada. Tapi karena ini bahannya plastik atau fiber, jadi asapnya tinggi, dan harus kita urai sampai bawah agar tidak ada penyalaan kembali. Jumlah ribu-an obyek yang terdampak. Luas 200 meter persegi obyek lahan yang terbakar," tambahnya.

Dari plang yang ada di depan lahan kosong tersebut tertulis plang Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dinas Perindustrian Dan Energi - Unit Industri Bahan Dan Barang Teknik - Unit Industri Kerajinan Dan Tekstil Jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan Samping Gedung BPJS Kesehatan, Seorang Warga Ditangkap

Selain itu ada pula plang lainnya yang bertuliskan Sekretariat Paguyuban Werdatama Jaya pensiunan Pemerintah DKI Jakarta.

Api diketahui menyala sekitar Pukul 09.05 WIB dapat dipadamkan kurang lebih satu jam setelahnya sekitar Pukul 10.01 WIB.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, sebuah lahan kosong yang terletak di samping kantor BPJS Kesehatan, Jalan Letjen Suprapto, RT10/RW07, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat hangus dilalap si jago merah pada Minggu.

Menurut hasil pengamatan MNC Portal di lokasi kebakaran tersebut berasal dari sebuah lahan kosong yang dijadikan tempat penyimpanan barang bekas seperti sisa material penerangan jalan umum.

Asap tebal membumbung tinggi dari kejauhan dan terlihat jelas dari arah perempatan lampu merah Coca-Cola dekat ITC Cempaka Mas.

Hingga Pukul 09.30 WIB petugas damkar masih berada di lokasi untuk memadamkan api dari lahan tersebut. Saat ini jelang Pukul 10.00 WIB api sudah mulai padam, dan asap pekat dari lahan kosong tersebut tampak mulai berkurang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini