Share

Ini Penyebab Kapal Karam di Pelabuhan Sunda Kelapa

Carlos Roy Fajarta, · Minggu 09 Januari 2022 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 338 2529552 ini-penyebab-kapal-karam-di-pelabuhan-sunda-kelapa-TjA4tJYqGp.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Kapal New Humeer yang diduga bocor di Dermaga 001 Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara disebabkan karena kapal tersebut tertiup angin sehingga menabrak dam.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Sunda Kelapa, AKP Seto Handoko setelah meminta keterangan dari saksi Kapten Kapal Agus Triyoko Rachman pada Minggu (9/1/2022).

"Pada hari Sabtu (8/1/2022) sekira jam 12.00 WIB saat kapal memasuki kolam Pelabuhan Sunda Kelapa, lambung kanan kapal terkena angin (kondisi kapal kosong muatan) dan kapal terhempas ke kiri sehingga lambung kiri terkena dam," ujar Seto Handoko.

Baca juga:  Kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa Karam Diduga Alami Kebocoran

Kemudian sekitar pukul 16.30 WIB, kapal mulai miring. Sehingga kapten kapal menghubungi penyelam untuk mencari lubang dan melakukan pengelasan. Namun karena sudah gelap tidak dapat dilakukan.

"Selanjutnya pada hari Minggu (9/1/2022) kemiringan kapal mencapai 45 derajat, kapten bersama kru (seluruhnya 19 orang) masih melakukan pemompaan air dari dalam kapal dan membeli pompa baru sebanyak 10 buah serta selang untuk memompa," terang Seto Handoko.

Baca juga: KM Tanimbar Bahari Tenggelam saat Akan Berlabuh, Begini Kondisi 15 ABK

Hingga kini dikatakannya tim penyelam masih berjaga di lokasi untuk memperbaiki atau mengelas kapal. Tindakan yang sudah dilakukan kata dia adalah pemompaan atau penyedotan dari kapal New Hummer ke laut dengan mendatangkan 1 unit mobil pompa dari Kementrian Pekerjaan Umum.

"Setelah air berkurang dan kapal mulai stabil, tim penyelam lalu memperbaiki kapal dan mengelaslambung kanan yang bocor, setelah di Las dan di rasa sudah tidak bocor. Lalu dibawa ke pengedokan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini