Share

Kunjungi Taman Tebet, Anies Ungkap Bakal Ada 8 Tempat Menarik Usai Direvitalisasi

Indra Purnomo, MNC Portal · Senin 10 Januari 2022 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 338 2529889 kunjungi-taman-tebet-anies-ungkap-bakal-ada-8-tempat-menarik-usai-direvitalisasi-piKfRKcI83.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kunjungi Taman Tebet (Foto: IG Anies Baswedan)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Taman Tebet yang sedang direvitalisasi menjadi Tebet Eco Park, pada Minggu 9 Januari 2022. Dalam kunjungannya itu, Anies mengungkapkan ada 8 tempat menarik di taman seluas tujuh hektare itu.

"Hari Minggu kemarin bersama Mikail mengunjungi Taman Tebet yang sedang direvitalisasi menjadi Tebet Eco Park. Di sana, kami disambut dan didampingi Ibu Suzi Marsitawati (Kadis Pertamanan dan Hutan DKI)," ujar Anies dikutip akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan seperti dikutip, Senin (10/1/2022).

Baca Juga:  Anies Masuk Jajaran Gubernur Paling Aktif di Medsos, Lekat dengan Diksi Presiden

Anies membeberkan, pembangunan taman seluas tujuh hektare ini akan punya 8 tempat menarik. "Forest Buffer, Link Bridge, Community Lawn, Wetland Boardwalk, Children Playground, Plaza, Community Garden, dan Thematic Garden," katanya.

Dia menjelaskan, konsep Eco Park yang diusung dalam proyek revitalisasi memiliki visi untuk merestorasi fungsi taman secara ekologi. Restorasi ekologi di Taman Tebet mengubah fungsi grey space dalam taman menjadi active green (ruang terbuka hijau) and blue open space (ruang terbuka biru) sebagai respon dari masalah pengendalian alam khususnya banjir dan krisis air. 

"Mengembalikan bebatuan dan tanaman alami, binatang-binatang taman, dan juga aksesibilitas masyarakat ke fitur alam dalam taman, atau yang biasa kita sebut sebagai naturalisasi," ujarnya.

Anies menambahkan, aksesibilitas masyarakat ke fitur alam dalam taman melalui jembatan pedestrian berbentuk infinity yang menghubungkan dua Taman Tebet yang sebelumnya terpisah.

Masalah ekonomi dan sosial masyarakat sekitar, tambah Anies, juga diperhatikan dalam revitalisasi Taman Tebet. Dia berujar perancangan revitalisasi Taman Tebet dimulai dengan mendengarkan aspirasi warga mengenai kebutuhan mereka dalam penataan taman tersebut. Hasilnya adalah tersedianya berbagai ruang sosial, usaha, dan ruang bermain anak.

Baca Juga:  Anies Pamerkan Tebet Eco Park, Taman Revitaliasi dengan Jembatan Berhias Lampu Warna-Warni

Anies menambahkan, selama empat tahun terakhir pembangunan taman-taman Maju Bersama di Jakarta tidak hanya untuk penghijauan tapi juga sebagai ruang terbuka biru, yang bisa menampung air.

"Sudah ada beberapa taman yang diarahkan sebagai ruang pengendalian banjir, di mana sekarang sudah ada 94 titik RTH yang ketika hujan dapat menampung 1,9 juta m3 air dan dapat meresap air selama 2-3 jam," kata Anies.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini