Vaksin Booster, Warga Lansia Berharap Terhindar dari Omicron

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 12 Januari 2022 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 338 2531043 vaksin-booster-warga-lansia-berharap-terhindar-dari-omicron-XrQwiek3je.jpg Waga lansia berharap terhindar dari Omicron usai menerima dosis ketiga (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi menggelar vaksinasi booster atau dosis ketiga mulai hari ini Rabu (12/1/2022). Adapun vaksin dosis ketiga diprioritaskan untuk kelompok lansia.

Warga Kramat Jati, Faidasa (70) berharap dengan menerima vaksin dosis ketiga dirinya bisa terhindar dari Covid-19 dan varian Omicron. Ia mengaku tidak dipungut biaya sama sekali untuk vaksinasi tersebut.

"Dosis ketiga Pfizer. Tidak berbayar (gratis). Harapannya mendapat pengetahuan apa ada tambahan dosis lagi dan dapat terhindar dari Covid-19," ujar Faidasa di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Sementara itu, Siwi (71) mengaku sewaktu disuntik seperti di gigit semut. Ia pun sama dengan Faidasa berharap sehat setelah menerima vaksin dosis ketiga.

"Pakai Pfizer. Dosis 1 dan 2 pakai Sinovac. Dapat informasi dari RW melalui aplikasi WA. Nggak ada rasa apa-apa, kayak digigit semut. Nggak ada gejala sejauh ini. Pegel-pegel mungkin nanti kali. Pengin di-booster biar sehat," ujarnya.

Baca juga: Gelar Vaksin Booster, Pemprov DKI Gandeng TNI/Polri

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati mengatakan masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi.

"Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan," ujar Widyawati dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Vaksin Booster Dimulai Hari Ini, Indonesia Kembali Kedatangan 1,8 Juta Dosis AstraZeneca

Melalui website, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id dan mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan 'Nama Lengkap' dan 'NIK', lalu klik periksa. Jika melalui aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa mengikuti langkah-langkah berikut;

- Buka aplikasi PeduliLindungi

- Masuk dengan akun yang terdaftar

- Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”

Baca juga: Vaksinasi Booster Gratis Tutup Celah Permainan Harga di Lapangan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini