Vaksin Booster Dimulai Hari Ini, Dinkes DKI Jamin Tempat dan Stok Logistik Mencukupi

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 12 Januari 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 338 2531053 vaksin-booster-dimulai-hari-ini-dinkes-dki-jamin-tempat-dan-stok-logistik-mencukupi-6YPYBqYvYV.jpg Vaksin Booster. (Foto: Antara)

JAKARTA - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, Lies Dwi Oktavia mengatakan bahwa tempat dan stok logistik vaksinasi booster di Jakarta mencukupi.

"Jumlah yang bisa dilayani setiap hari pada awal awal ini kita menyiapkan tempat dan stok logistik yang mencukupi. Sesuai dengan kombinasi vaksin yang akan diberikan," kata Lies kepada wartawan di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (12/1/2022).

"Untuk dosis 1 dan 2 Sinovac maka dosis ketiganya Pfizer atau AstraZeneca. Untuk dosis 1 dan 2 AstraZeneca maka dosis ketiganya Moderna sesuai dengan pemerintah pusat," tambahnya.

Lies menambahkan vaksin booster sudah tersedia di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati dan Puskesmas lainnya di Jakarta. Selain itu, Dinkes juga akan menyiapkan sentra vaksinasi khusus booster.

Baca juga: Vaksin Booster, Warga Lansia Berharap Terhindar dari Omicron

"Di PKC Kramat Jati dan Puskesmas lain sudah memberikan layanan booster kepada masyarakat yang sudah mempunyai e-ticket dosis ketiga atau booster ini. Jadi pemberian dilaksanakan di Faskes pemerintah atau sentra vaksin yang dibawah jajaran Pemprov DKI atau Dinkes DKI," tuturnya.

Sebagai informasi, vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia serta diperuntukkan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan. Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais.

"Jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Widyawati dalam keterangan tertulisnya.

Widyawati menambahkan masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi.

"Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan," jelasnya.

Melalui website, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id dan mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan 'Nama Lengkap' dan 'NIK', lalu klik periksa. Jika melalui aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa mengikuti langkah-langkah berikut;

- Buka aplikasi PeduliLindungi

- Masuk dengan akun yang terdaftar

- Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”

- Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun

- Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini