Share

Januari-Februari Puncak Musim Hujan di Bogor, BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologis

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 12 Januari 2022 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 338 2531127 januari-februari-puncak-musim-hujan-di-bogor-bmkg-waspada-bencana-hidrometeorologis-9GI2L8VqTz.jpg Kota Bogor diguyur hujan lebat saat ini (foto: MNC Portal/Putra RA)

BOGOR - Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga memprediksi wilayah Bogor memasuki puncak musim penghujan, pada Januari-Februari 2022. Curah hujan akan meningkat selama periode tersebut.

"Pada dasarnya wilayah Bogor merupakan wilayah hujan sepanjang tahun. Hanya saja, masuk Desember hingga Maret potensi hujan cukup tinggi di atas 500 mm perbulan," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga, Indra Gustari, Rabu (12/1/2022).

Baca juga:  Hujan Sedang-Lebat Diperkirakan Guyur Jabodetabek hingga Dini Hari Nanti

Diperkirakan, rata-rata curah hujan berkisar 100-150 mm perhari. Hujan itu diprediksi akan merata terjadi di seluruh wilayah Bogor dengan intensitas sedang hingga deras dan juga disertai angin kencang.

Masyarakat pun diminta untuk mewaspadai kondisi ini terutama di daerah rawan bencana. Karena, curah hujan tinggi bisa berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor dan lainnya.

Baca juga:  Satu Jembatan di Pohuwato Gorontalo Ambruk Akibat Hujan dan Angin Kencang

"Pemerintah dan masyarakat harus siap antisipasi bencana hidrometeorologis," tutup Indra.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Untuk informasi, berdasarkan data dari BPBD Kota Bogor selama periode bulan Desember 2021 terjadi 55 bencana di Kota Bogor. Terbanyak bencana longsor atau tahan amblas sebanyak 16 kejadian.

Dari puluhan bencana itu, total sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) terdiri 140 jiwa terdampak bencana namun tanpa menyebabkan adanya korban jiwa atau luka. Sedangkan, untuk kerugian materil terdapat 33 unit rumah warga yang terdampak bencana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini