Share

Lansia di Tangsel Mulai Disuntik Vaksin Booster

Hambali, Okezone · Kamis 13 Januari 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 338 2531393 lansia-di-tangsel-mulai-disuntik-vaksin-booster-lTJQB2N0GW.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

TANGSEL - Sebanyak 60 warga lanjut usia (lansia) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai disuntik vaksin Booster. Vaksinasi lanjutan ini dilakukan perdana dari target sekira 100 ribuan lansia yang terdata.

Penyuntikan vaksin Booster berlangsung di RSU Kota Tangsel, Jalan Padjajaran, Pamulang, Rabu (12/01/22). Wali Kota Benyamin Davnie dan jajaran turut meninjau kick off vaksinasi lanjutan bagi lansia itu.

"Ini adalah Kick Off vaksin Booster di Tangerang Selatan. Kemudian juga targetnya diutamakan adalah lansia," kata Benyamin.

Baca juga: Kemenkes Targetkan 179 Juta Dosis Vaksin Booster 

Menurut dia, ketersediaan vaksin Booster masih mencukupi untuk sekira 70 ribu jiwa. Sementara ini, vaksin yang digunakan adallah Pfizer. Ke depan, kata Benyamin, penggunaan vaksin Booster lainnya akan menyesuaikan.

"Sekarang pakai Pfizer, tapi bisa menyesuaikan nanti," ungkapnya.

 Baca juga: Ini Alasan Vaksin Booster Hanya Diberikan 1/2 Dosis

Dilanjutkan dia, masyarakat tak perlu khawatir dengan stok ketersediaan vaksin Booster lantaran jumlah dosis yang dimiliki beberapa fasilitas kesehatan miiik pemerintah masih mencukupi.

"Jumlahnya masih cukup, nanti kan ada penambahan lagi. Bagi masyarakat (lansia) silahkan datang ke RSU dan Puskesmas," ucapnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendarlin, menambahkan, selain lansia maka pemberian vaksin Booster diprioritaskan kepada kelompok penderita imunokompromais.

"Pemberian vaksin ketiga akan ditentukan petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis satu dan dua yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan," terang Alin terpisah.

Dipaparkannya, berdasarkan data 11 Januari 2022 kemarin, cakupan vaksinasi dari dashboard komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (KPCPEN) terdapat 107.439 jiwa warga di Tangsel yang memenuhi syarat menerima vaksin Booster.

"Sasaran tersebut terdiri dari kelompok lansia sebanyak 29.805 orang dan usia lebih dari 18 tahun sebanyak 77.634 orang," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini