Share

Pedagang Kerupuk Bertato Nekat Gasak Kotak Amal Masjid

Hambali, Okezone · Jum'at 14 Januari 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 338 2532033 pedagang-kerupuk-bertato-nekat-gasak-kotak-amal-masjid-OMYie9sHY1.png Pelaku pencurian kotak amal masjid (foto: dok istimewa)

TANGSEL - Seorang pedagang kerupuk keliling nekat menggasak isi 2 kotak amal di Masjid Agung Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (14/01/22). Aksi itu diketahui berdasarkan rekaman Close Circuid Television (CCTV).

Pencurian baru terungkap pagi tadi saat para jamaah usai melaksanakan salat shubuh. Mereka curiga atas keberadaan 4 remaja pria yang nampak tertidur di area masjid.

Baca juga: Kocak! Pria Ini Jual Motor Hasil Curiannya ke Polisi

Keempat remaja itu merupakan pedagang kerupuk keliling yang menumpang tidur di area masjid. Begitu dicek rekaman CCTV, baru terungkap jika salah satu dari mereka mengambil kesempatan suasana sepi untuk membongkar 2 kotak amal yang ada.

"Kita belum curiga, habis itu kita lihat CCTV. Di situ saya lihat yang pakai kaus putih, yang tatonya banyak, Saya bangunin, saya suruh ngaku," tutur Agus Nurul Utomo, jamaah masjid yang ikut mengamankan pelaku.

Baca juga: Pencuri Besi Barier Pedestrian di Menteng Ditangkap Polisi

Agus yang juga menjadi pelatih di Satpol PP itu mendesak pelaku mengakui berapa kotak amal beserta isinya yang sudah dicuri. Ketiga pedagang lain turut ditanya satu-persatu guna mengetahui keterlibatan masing-masing.

"Dia akhirnya ngaku ambil 2 kotak amal. Pertama saya tanya duitnya kemana, dia bilang udah habis. Saya tanya lagi, kalau nggak ngaku saya laporin, akhirnya ngaku duitnya disimpen di bungkus kerupuk," sambungnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Dikonfirmasi terpisah, Kanitreskrim Polsek Serpong Iptu Joko Aprianto menbenarkan pencurian kotak amal tersebut. Satu pelaku berinisial L (17) sudah diamankan. Sementara 3 temannya sesama penjual kerupuk keliling tak terlibat dalam kejadian itu.

"Tersangka inisial L umur 17 tahun. Pekerjaan pedagang kerupuk keliling. Jadi L dan 3 temannya yang sama-sama penjual kerupuk keliling sedang tidur di masjid. Lalu L ini mencongkel kotak amal. Setelah mengambil uang kotak amal, tersangka L tidur lagi," kata Joko.

Dari pengakuan pelaku kepada petugas, uang yang dicurinya berjumlah sekira Rp250 ribu. Dia nekat mencuri dengan alasan pendapatan dari menjual kerupuk keliling tak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini