Share

Street Race Resmi Dibuka, Kapolda Minta Polres Siapkan Lintasan

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 16 Januari 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 338 2532936 street-race-resmi-dibuka-kapolda-minta-polres-siapkan-lintasan-girtJZhAw8.jpg Kapolda Metro Jaya Fadil Imran membuka Street Race di Ancol (Foto : MPI)

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran meminta jajaran Polres di wilayah hukumnya agar menyiapkan lintasan balap street race selain di kawasan Inspeksi Kali Ancol, Jakarta Utara. Hal itu disampaikan usai secara resmi membuka balapan tersebut di Ancol.

"Nanti saya akan minta masing-masing polres mencari tempat di wilayahnya masing-masing untuk memfasilitasi adik-adik yang berbakat dalam dunia motor sport," ucap Fadil dalam sambutannya, Minggu (16/1/2022).

Fadil juga membocorkan lokasi selanjutnya, yang saat ini tengah dipersiapkan beberapa Polres diantaranya Polres Tangerang Selatan, Polres Bekasi yang menyatakan siap mengakomodir gelaran Street Race di kota penyangga.

"Saya sudah minta Kasatlantas Bekasi, Kasatlantas Tangerang untuk mencari lokasi. Dan alhamdulilah di Tangsel, di serpong sudah siap nanti kita akan akomodir, fasilitasi, kanalisasi, adek-adek ini untuk wilayah daerah Penyangga Tangerang," ujarnya.

Fadil menegaskan bahwa balapan perdana ini bukanlah sekedar seremonial, melainkan ajang balapan yang akan berkelanjutan secara tiga bulan sekali.

"Jangan dilihat hari ini saja, ini sebuah awalan dari ikhtiar transformasi. Kegiatan ini adalah sebuah dan metode yang sudah dikembangkan oleh Polda Metro Jaya," tuturnya.

"Mudah-mudahan dengan kolaborasi yang terus kita gaungkan dengan mitra-mitra yang sudah ada, akan melahirkan prestasi," imbuhnya.

Baca Juga : Kapolda Metro Jaya: Jangan Sebut Balap Liar, Ini Street Race!

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyebut Street Race Polda Metro Jaya keren. Ia berharap agar dapat menemukan bibit pembalap Indonesia.

"Hanya satu kata keren. Harapannya dapat menemukan bibit pembalap di Indonesia," kata Bamsoet sapaan akrabnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Bamsoet juga mengatakan ini merupakan tugas IMI untuk mengedukasi para pembalap yang perlu diperhatikan keselamatan.

"Kami selaku IMI tugas kamu bagaimana melakukan pengarahan atau pendidikan agar pengemudi balap diutamakan unsur keselamatan. Kapolda merangkul, edukasi, pendekatan baik dan humanis. Bukan represif bukan main tangkap sehingga tugas kita sebagai orang tua berjalan," tuturnya.

Sebagai informasi, kuota 350 pembalap sudah terpenuhi semua. Mereka dibagi dalam beberapa kelas, mulai dari kelas matik 4 tak, sport 2 tak, kelas Sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, sport 4 tak, bahkan kelas Vespa juga ada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini