Share

Tak Lagi Ibu Kota, Wagub Ariza Usul Jakarta Tetap Jadi Daerah Khusus

Indra Purnomo, MNC Portal · Selasa 18 Januari 2022 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 338 2534194 tak-lagi-ibu-kota-wagub-ariza-usul-jakarta-tetap-jadi-daerah-khusus-2DG0AwEwum.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) bakal mengusulkan Jakarta tetap menjadi daerah khusus kepada pemerintah, apabila Ibu Kota Negara Nusantara pindah ke Kalimantan Timur.

Kendati demikian, dia belum menjabarkan daerah kekhususan seperti apa yang akan disandang Jakarta.

"Ya, kekhususan itu macam-macam kita akan diskusikan. Kan Jogja daerah khusus istimewa Yogyakarta, Aceh daerah khusus istimewa Aceh, kan bukan Ibu Kota ada kekhususan kan," ujar Ariza di Balai Kota Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan mendiskusikan daerah kekhususan untuk Jakarta tersebut. Dia berharap, Jakarta akan menjadi pusat perekenomian dan pendidikan, meski Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan Timur.

"Nanti Jakarta kita diskusikan, karena kita perlu proses. Kita berharap Jakarta bisa jadi pusat perekonomian, pusat pendidikan itu penting bagi Jakarta dan juga Indonesia. Usulannya pasti ke pemerintah pusat, ke Kemendagri, ke Bappenas, DPR," ucapnya.

Baca juga: Pemprov DKI Pertimbangkan Usulan Komnas Pendidikan Modifikasi PTM 100 Persen

Namun demikian, Ariza berharap Jakarta bisa menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali semua orang. "Sekalipun Ibu Kota berpindah ke kalimantan timur dan kami pastikan proses nanti transisi pemindahan dari Jakarta berjalan dengan aman baik," jelasnya.

Baca juga: Wagub Ariza Minta Warga Alami Krisis Air Bersih Lapor Kelurahan

Terkait kekhususan DKI Jakarta, Ariza mengaku nantinya akan dibahas lebih lanjut antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan para pakar. Oleh sebab itu, dia menunggu dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

"Dari para pakar, para ahli, kami di Pemprov punya gagasan, tapi kami senang apabila ada masuk-masukan rekomendasi dari semua pihak termasuk dari warga Jakarta," katanya.

Baca juga: Wagub Ariza Ajak Jamaah Umrah dan Haji Tetap Patuhi Prokes

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini