Share

Kuburan Kebanjiran, Camat Cengkareng Siapkan Pompa

Dimas Choirul, MNC Media · Rabu 19 Januari 2022 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 338 2534401 kuburan-kebanjiran-camat-cengkareng-siapkan-pompa-XXU2bu1jha.jpg Kuburan di Cengkareng kebanjiran (Foto : MPI)

JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Jakarta Jakarta pada Selasa 18 Januari 2022, siang, masih menyisakan sejumlah genangan di beberapa titik. Salah satunya di TPU Kober di Pedongkelan, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat.

Genangan air di sana tampak cukup dalam hingga menutupi sebagian makam di sisi selatan dan barat sisi TPU.

Terkait hal ini, Camat Cengkareng Ahmad Faqih menjelaskan, TPU tersebut memang sering terendam disaat terjadi hujan deras.

"Jadi memang karena daerahnya cekungan kalau misalnya kita mau salurkan air secara alamnya itu mungkin agak sulit ya," kata Faqih saat dihubungi wartawan, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga : Kali Ancol Meluap, Jalan RE Martadinata dan Lodan Raya Jakut Macet Total

Untuk itu, kata dia, air yang menggenang di lahan TPU tersebut harus ditarik menggunakan alat pompa air. Adapun teknik pemompaannya harus disesuaikan dengan debit air yang masuk.

"Kalau debit air yang masuk besar ya pompanya harus besar agar dia bisa salurkan air ke cengkareng draine. Dengan catatannya tidak terjadi rob, Kalau terjadi rob ya bahaya lagi," tuturnya.

Menurut Faqih, selain intensitas hujan yang tinggi, air kiriman dan air rob juga menjadi faktor penyebab adanya genangan.

Sejauh ini, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dengan membuat saluran besar di samping pemakaman. Hal ini untuk mengarahkan air yang masuk ke makam ke Kali Apuran.

"Kalau hujannya besar, kemungkinan akan terjadi genangan sangat mungkin. Karena daerahnya kan daerah cekungan kan," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini