Share

Polda Metro Tilang 124 Kendaraan Berpelat "Dewa"

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 19 Januari 2022 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 338 2534523 polda-metro-tilang-124-kendaraan-berpelat-dewa-AvrZk6OgQu.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 124 kendaraan dengan nomor pelat khusus atau 'pelat dewa' ditilang dengan beberapa pelanggaran lalu lintas. Penilangan menandakan tidak ada keistimewaan terhadap kendaraan dengan pelat khusus tersebut. 

"Sejak hari Senin (17/1/2022) kemarin atau dalam tiga hari, sudah ada 124 kendaraan berpelat STNK khusus atau rahasia yang kami tindak dengan tilang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga:  Sejumlah Mobil Pejabat Negara Ditilang Polisi, Kok Bisa?

Dia menjelaskan ratusan kendaraan itu dikenai tilang dengan berbagai jenis pelanggaran. Mulai dari pelanggaran ganjil genap, bahu jalan, hingga pelanggaran penggunaan rotator atau sirine.

Sambodo melanjutkan, pihaknya tidak akan mengistimewakan kendaraan dengan pelat khusus atau berpelat dewa sehingga bebas dari penindakan pelanggaran lalu lintas.

"Pada kesempatan ini kami sampaikan bagi pengguna atau pemilik kendaraan yang menggunakan STNK khusus atau rahasia bahwa kendaraan itu wajib hukumnya mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku. Tidak ada keistimewaan umum terhadap kendaraan tersebut," tegasnya.

Baca Juga:  Kronologi Oknum Anggota Dishub Kota Bekasi Kawal Mobil Pribadi Warga hingga Ditilang

Sebelumnya diketahui, sejumlah kendaraan berpelat pejabat dikenai sanksi tilang saat melintas di 13 ruas jalanan ibu kota. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan tidak ada pelat dewa yang bisa bebas dari kebijakan ganjil genap.

"Tidak ada pelat dewa, semua wajib mematuhi aturan baik itu ganjil genap, rotator hingga lajur kiri di tol. Semuanya wajib patuh," kata Sambodo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini