Share

Curah Hujan Meningkat, Wagub Ariza: Warga Waspada dan Hati-Hati

Indra Purnomo, MNC Portal · Rabu 19 Januari 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 338 2534588 curah-hujan-meningkat-wagub-ariza-warga-waspada-dan-hati-hati-sVBR6IkN0I.jpg Wagub DKI Ariza (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meminta kepada seluruh warga Ibu Kota untuk waspada terhadap potensi peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jakarta.

Dia berujar ada potensi peningkatan genangan air di DKI Jakarta pada periode Januari-Februari 2022.

"Yang penting, sekarang kami ingin bahwa seluruh warga Jakarta waspada, hati-hati, standby ya. Di Januari, Februari ini memang ada potensi peningkatan genangan, untuk itu harus siap sedia sesuai dengan aturan dan ketentuan," ujar pria yang biasa disapa Ariza ini saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (19/1/2022).

Politisi Partai Gerindra ini membeberkan langkah antisipasi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam mengantisipasi curah hujan ini. Pertama, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan BNPB dan menyusun regulasi dalam menghadapi bencana di Jakarta.

"Antisipasi bencana, memang ada peningkatan intensitas hujan. Kemudian juga ramalan dari BMKG, kami terus koordinasikan dengan BNPB, dengan semuanya penggiat kebencanaan. Kita sudah menyusun berbagai regulasi mengesahkannya sekarang tinggal melaksanakannya terus," jelasnya.

Baca juga: Anies Klaim Banjir Jakarta Ditangani dengan Cepat: Atas Izin Allah

Kedua, lanjut Ariza, pihaknya sudah menyiapkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Dia berujar pihaknya telah berkoordinasi untuk bersiaga bersama dengan aparat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), hingga organisasi masyarakat yang peduli terhadap kemanusiaan dan kebencanaan.

Baca juga: BMKG: Jabodetabek Waspada Peningkatan Curah Hujan selama 3 Hari ke Depan

"Kemudian juga yang ketiga fasilitas sarana dan prasaran sudah kami siapkan. Mulai dari perahu sampai dengan logistik terkait kebutuhan bayi juga sudah, termasuk tempat-tempat pengungsian," katanya.

Adapun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Masyarakat pun diimbau tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama 3 hari ke depan, mulai 19-21 Januari 2022.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode 3 hari ke depan yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tulis narasi unggahan akun Instagram @bpbddkijakarta dikutip, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Jakpus Tergenang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini