Share

Polisi Buru 2 DPO Sindikat Pembobol Rumah Kosong di Bekasi

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 19 Januari 2022 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 338 2534687 polisi-buru-2-dpo-sindikat-pembobol-rumah-kosong-di-bekasi-Fa7VYDs71c.jpg Polisi tangkap sindikat pembobol rumah kosong di Bekasi. (Foto: Refi Sandi)

BEKASI - Polres Metro Bekasi Kota berhasil menangkap enam orang sindikat spesialis pembobol rumah kosong. Adapun aksi pencurian dilakukan sepanjang tahun 2021 di wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki mengatakan, pihaknya memburu dua orang penadah yang masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestro Bekasi Kota mengamankan 6 tersangka berinisial S (52), M (23), R (30), NH (46), R (46), dan E (35). Sedangkan, dua orang penadah berinisial Y dan A masuk dalam daftar pencarian orang (DPO)," ujar Hengki kepada wartawan di Mapolres, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Gerombolan Bandit Bersenjata Api Spesialis Pembobol Rumah Kosong Ditangkap

Hengki menjelaskan, para tersangka menjalankan aksinya dengan berkiling mencari rumah kosong yang ditinggal penghuninya.

"Setelah mendapatkan sasaran langsung menjalankan aksinya dengan cara masuk rumah, merusak kunci gembok, mencongkel pintu, jendela dan mengambil barang yang ada di dalam rumah," ucapnya.

Hengki pun menyebut beberapa barang bukti di antaranya sepeda motor, satu buah senjata api rakitan jenis revolver, laptop, alat yang digunakan seperti kunci, obeng, linggis, dan lainnya. Ia menyebut keenam tersangka merupakan kawanan sindikat.

"Iya ini merupakan sindikat, kelompok khusus mereka menyasar pencurian rumah-rumah kosong yang tidak ada penghuninya," tuturnya.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api. Adapun tersangka terancam hukuman 20 tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini