Share

Satpol PP DKI Jakarta Siagakan 5.300 Personel Hadapi Musim Penghujan

Indra Purnomo, MNC Portal · Rabu 19 Januari 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 338 2534780 satpol-pp-dki-jakarta-siagakan-5-300-personel-hadapi-musim-penghujan-fgRAHd0uET.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menyiagakan sekitar 5.300 personel dalam menghadapi musim penghujan sebagai langkah untuk mengantisipasi bencana banjir di Ibu Kota.

"Kita udah siapkan personel kita, kita udah apel siaga semua anggota Pol PP di kelurahan, kecamatan, kita udah dorong sarana prasarana kita, perahu, kemudian pelampung dan sebagainya. 5.300 (personel) lebih kurang segitu," ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (19/1/2022).

Arifin menjelaskan, selain menyiagakan personel, pihaknya pun menyiapkan peralatan seperti perahu karet dan pelampung untuk mengevakuasi apabila terjadi banjir di Jakarta. Dia berujar, Satpol PP wilayah juga menyiagakan sekitar 10 unit perahu karet yang dapat digunakan untuk proses evakuasi.

"Ada perahu dan pelampung, fungsi Satpol PP itu bukan hanya dalam tugas-tugas pelaksanaan penegakan Perda, tapi ada fungsi perlindungan masyarakat kalau ada banjir. Warga perlu dievakuasi, kita sudah terbiasa melakukan evakuasi warga, dengan perahu yang kita siapkan," katanya.

Baca juga: PTM 100 Persen, Satpol PP DKI Jakarta Patroli Cegah Kerumunan Pelajar

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tengah memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali Jabodetabek. BMKG mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek.

Baca juga: Satpol PP Segel Eks Gedung Presiden Theater di Kota Bogor

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari ini," tulis narasi unggahan akun Instagram @bpbddkijakarta dikutip, Rabu (19/1/2022).

Masih melansir akun Instagram BPBD DKI, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jabodetabek. Masyarakat pun diimbau tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama 3 hari ke depan, mulai 19-21 Januari 2022.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode 3 hari ke depan yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tulisnya lagi.

Baca juga: Ganggu Ketertiban, Manusia Silver dan Badut Jalanan Ditangkap Satpol PP

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini