Share

Atasi Banjir, Pemprov DKI Bakal Membuat Waduk Seluas 15 Hektare

Yohannes Tobing, Sindonews · Senin 24 Januari 2022 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 338 2536622 atasi-banjir-pemprov-dki-bakal-membuat-waduk-seluas-15-hektare-gWWC4zgDk4.jpg Ilustrasi (Foto : Sindo)

JAKARTA - Sebagai upaya mengatasi masalah banjir di Kawasan Tegal Alur, Jakarta Barat, Pemprov DKI Jakarta membuat waduk untuk menampung debit air hujan seluas 15 hektare.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faisal mengatakan, waduk tersebut sedang direncanakan pembuatannya dan kini pihaknya tengah fokus melakukan pembebasan lahan.

"Nah di Utara sekitaran hutan Mangrove itu ada tanah seluas 15 hektare yang rencananya kita garap untuk folder itu," kata Yusmada saat dikonfirmasi pada Senin (24/1/2022).

Selai membuat waduk, Pemprov DKI Jakarta juga akan membuat tanggul-tanggul diseluruh bantaran kali supaya luapan air tidak tumpah secara deras ke jalan dan pemukiman warga.

Termasuk dalam hal ini, pihaknya juga akan membuat katup pompa supaya air yang menggenangi jalan dan pemukiman warga dengan segera bisa di sedot.

"Waduk Kamal sedang dalam proses pembebasan lahan di dekat pompa itu, nah di dekat pompa itu di dekat Selatan pompa dikit GOR Kamal," jelas dia.

Baca Juga : Sejumlah Solusi Pemprov DKI Atasi Banjir di Tegal Alur

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko melanjutkan, pihaknya sudah melakukan evaluasi bersama Dinas SDA DKI Jakarta untuk menangani banjir di sana.

Sebab, yang terdampak banjir di kawasan Tegal Alur ada dua wilayah dan berhimpit dengan kali Apuran dan kali Semonggol. "Tentunya ini adalah kebijakan dari Dinas Sumber Daya Air, saya bersikap hanya dukungan dan usulan," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini