Share

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Wagub Ariza: Jakarta Tetap Eksis

Yohannes Tobing, Sindonews · Selasa 25 Januari 2022 03:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 338 2537198 ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-wagub-ariza-jakarta-tetap-eksis-8wnfaRkWpS.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Antara)

JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur menuai sejumlah polemik di kalangan masyarakat khususnya warga Jakarta. Banyak yang mengira jika Jakarta bukan ibukota maka akan semakin menurun.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga Jakarta untuk tidak khawatir apabila Jakarta sudah tidak lagi menjadi ibukota negara.

"Tidak perlu khawatir, kita pastikan sekalipun Jakarta tidak lagi sebagai Ibu Kota, tapi Jakarta nanti akan tetap hadir, eksis, dan tetap maju, bahkan bisa menjadi lebih baik lagi," kata pria yang akrab disapa Ariza, Senin 24 januari 2022.

Ariza mengatakan pusat pemerintahan bisa saja tidak lagi di Jakarta. Akan tetapi Jakarta akan tetap menjadi pusat bagi sektor-sektor atau aspek-aspek bidang lainnya seperti Pendidikan, Perekonomian, dan Kesehatan.

"Jakarta harus menjadi pusat, pusat pemerintahan berubah ke Kalimantan Timur, tapi Jakarta harus menjadi pusat perekonomian, pusat pendidikan, pusat kesehatan,​​​​​​​" ungkapnya.

Menurut Ariza, meskipun nanti Presiden, Kementerian dan Lembaga legislatif yang sekarang ini akan berpindah ke Kalimantan Timur. Namun tidak membuat Jakarta menjadi mundur.

Baca Juga : Ibu Kota Pindah, Ketua DPRD DKI Ingin Jakarta seperti New York

"Tapi Jakarta tetap terdepan, karena memiliki fasilitas yang sangat memadai di republik yang kita cintai. Mudah-mudahan macetnya semakin berkurang, genangan banjirnya semakin berkurang, udaranya juga semakin bersih," Ucapnya.

"Gedung-gedung semakin tertata. Karena sebagian warga Jakarta berpindah ke Kalimantan Timur, khususnya bapak-bapak sebagai PNS/ASN, itu berpindah di tingkat pusat. ASN DKI tetap di sini," pungkasnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini