Share

Pasca-hujan Deras, 41 Titik Bencana Melanda Kota/Kabupaten Bogor

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 25 Januari 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 338 2537388 pasca-hujan-deras-41-titik-bencana-melanda-kota-kabupaten-bogor-QLOUjxwzWZ.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

BOGOR - Sebanyak 41 titik bencana angin kencang melanda wilayah Kota dan Kabupaten Bogor pada Senin 24 Januari 2022. Ratusan warga dan sejumlah bangunan terdampak dari bencana tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilio Patrocinio Freitas mengatakan, untuk di wilayahnya terdapat 21 titik yang dilanda angin kencang. Jumlah tersebut tersebar di tiga wilayah kecamatan yakni Bogor Utara, Tanah Sareal dan Bogor Barat.

"Terbanyak ada di Kecamatan Tanah Sareal 14 titik, Kecamatan Bogor Barat 6 titik dan Kecamatan Bogor Utara 1 titik," kata Teo, Selasa (25/1/2022).

Baca juga:  BNPB: 267 Bencana Alam pada Awal Tahun, Korban Meninggal Dunia 12 Jiwa

Teo menambahkan, paling banyak terjadi adalah pohon tumbang 13 kejadian, atap terbawa angin 4 kejadian, rumah ambruk 2 kejadian, dahan patah 1 kejadian dan kebakaran 1 kejadian. Dari kejadian tersebut, menyebabkan 9 rumah warga terdampak, 31 unit motor rusak dan 4 unit mobil rusak.

"Juga ada papan reklame (billboard) yang roboh di samping Delima Jaya," tambahnya.

 Baca juga: Daftar Tempat Wisata yang Pernah Hancur Karena Bencana Alam

Dalam kejadian tersebut, terdapat tiga warga Kedung Badak yakni Khaerudin (38), Siti Kholisoh (35) dan Rohana (71) mengalami luka ringan karena tertimpa material rumah yang rusak karena pohon tumbang.

"Luka di tangan dan kepala," jelas Teo.

Terpisah, Kasie Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor M. Adam mengatakan untuk di wilayahnya terdapat 20 titik bencana akibat hujan deras dan angin kencang. Bencana tersebut tersebar di dua wilayah kecamatan yaitu Cibinong dan Sukaraja.

"Paling banyak angin kencang. Tetapi ada juga banjir lintasan dan tanah longsor," ucap Adam.

Dalam kejadian tersebut, 45 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 158 jiwa terdampak. Juga termasuk 117 rumah, dua warung sempat terdampak bencana.

"Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dan tidak ada yang mengungsi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini