Share

Cerita Sopir Bus TransJakarta saat Gagalkan Wanita Hendak Bunuh Diri

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Jum'at 28 Januari 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 338 2539278 cerita-sopir-bus-transjakarta-saat-gagalkan-wanita-hendak-bunuh-diri-lN60HCCbcq.jpg Sopir bus Transjakarta mengungkapkan saat dirinya gagalkan wanita hendak bunuh diri di Jembatan 3, Jakbar. (Foto : MNC Portal/Okto Rizki)

JAKARTA - Sopir bus Transjakarta dari mitra Perusahaan Umum (Perum) Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) berhasil menggagalkan aksi seorang wanita yang hendak bunuh diri dengan melompat dari flyover Jembatan 3, Jakarta Barat, pada Selasa, 25 Januari 2022. Ia pun diberikan penghargaan oleh tempatnya bekerja.

Sopir bus Transjakarta bernama Khaerun mengungkapkan kronologi kejadian itu.

"Waktu itu saya tugas di koridor 9 Pluit ke Pinang Ranti. Pas sampai Jembatan Tiga yang pertama kali saya lihat riuh banyak orang. Pas saya lihat ke arah depan seorang wanita sekitar 20 tahunan berdiri di atas jembatan," kata Khaerun di Jakarta Timur, Jumat (28/1/2022).

Khaerun yang saat itu mengemudikan bus Transjakarta berpapasan dengan wanita yang hendak mencoba loncat dari jembatan. Beruntung aksi bunuh diri itu dapat digagalkannya seorang diri.

"Pas saya bujuk dari jendela bus dia menjerit berontak. Akhirnya saya turun dan membujuknya lagi dan malah mau terjun. Terus saya bujuk dia bergeser ke arah kiri dan saya menunjuk ke arah penumpang dan bilang nanti kamu malu loh dek dilihatin," ucapnya.

Saat wanita muda itu menoleh ke arah penumpang di dalam bus Transjakarta, Khaerun beraksi dengan menangkapnya sehingga aksi percobaan bunuh diri itu dapat digagalkan. Setelah menggagalkan aksi bunuh diri, wanita muda itu dibawa ke Pos Polisi Jembatan Besi.

"Saya alihkan dia, kebetulan menoleh dan saya dari arah kiri menangkap dia. Terus saya bawa ke dalam bus dan sempat dibantu beberapa penumpang," ucapnya.

Atas aksi terpujinya itu, Khaerun diberikan penghargaan dari Perum PPD, selaku mitra operator bus Transjakarta yang merupakan tempat Khaerun bekerja. Piagam dan emas 5 gram pun diberikan secara langsung oleh Direktur Perum PPD Pande Putu Yasa.

"Saya enggak nyangka bisa semeriah ini, sebuah penghargaan banget. Saya nolong orang udah seneng," tuturnya.

Putu menyatakan, tindakan Khaerun sudah mencerminkan akhlak mulia yang didengungkan BUMN. Berkat aksi Khaerun juga saat ini citra Transjakarta dapat kembali bersinar di tengah prahara insiden kecelakaan yang telah terjadi dalam beberapa bulan ke belakang.

"Kita harapkan berita-berita yang selama ini muncul di media bersifat negatif, kita harapkan bisa menaikan citra operator khususnya PT Transporasi Jakarta. Mudah-mudahan dengan pak Khaerun ini bisa memperbaiki daripada kinerja seluruh operator yang berada di naungan PT TransJakarta," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini