Share

Anies Bertemu Sopir TransJakarta Gagalkan Wanita Bunuh Diri: Bapak Teladan bagi Kita Semua

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 28 Januari 2022 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 338 2539558 anies-bertemu-sopir-transjakarta-gagalkan-wanita-bunuh-diri-bapak-teladan-bagi-kita-semua-Dq5VOp8hVC.jpg Anies Baswedan. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang seorang Pramudi Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) Transjakarta yang menggagalkan seorang perempuan yang hendak bunuh diri, ke Balai Kota, Jumat (28/1/2022). Anies mengapresiasi tindakan heroik dari pria bernama Khaerun itu.

"Hari ini kami mengundang Pak Khaerun ke Balaikota untuk mengapresiasi beliau langsung. Terima kasih Pak Khaerun sudah menunjukkan respons sebagai seorang yang bertanggung jawab," tutur Anies dalam akun Instagram pribadinya, Jumat. 

Bagi Anies, tindakan yang dilakukan Khaerun merupakan teladan bagi seluruh masyarakat. Sebab, dirinya lebih memilih menyelamatkan nyawa seseorang, ketimbang berdiam diri. 

"Bapak memilih untuk peduli dan bertindak, memilih menyelamatkan sesama warga dan tidak membiarkannya sendiri. Bapak adalah teladan bagi kita semua," ungkapnya. 

Baca juga: Anies: Jakarta Tempat Kumpul Seluruh Unsur Bangsa, Kesetaraan dan Keadilan Penting

Oleh karenanya, Anies mengimbau jangan ada lagi yang menganggap kesehatan jiwa tidak penting. Menurut dia, kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik. 

"Jangan abaikan kesehatan jiwa kita dan sesama, karena tak kalah pentingnya dari kesehatan fisik," ucapnya. 

Anies meminta, bagi masyarakat yang melihat ada rekan yang mengalami kecemasan, depresi atau masalah kesehatan jiwa lainnya, untuk tidak ragu menghubungi dan berdiskusi dengan psikolog, psikiater, dan klinik kesehatan jiwa.

Dinas Kesehatan Jakarta, kata Anies menyediakan psikolog gratis bagi warga yang ingin melakukan konsultasi kesehatan jiwa. Terdapat 23 lokasi konsultasi gratis di 23 Puskesmas Jakarta dengan BPJS.

"Teman-teman juga bisa konsultasi online melalui laman https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id dan bisa dijadwalkan konsultasi lanjutan dengan psikolog di Puskesmas apabila diperlukan," ucapnya. 

Sebagai informasi, dalam video itu memperlihatkan, mulanya sang pramudi Khaerun sedang mengemudikan Bus Transjakarta melintas di Flyover Jembatan 3, Jakarta Utara. Tiba-tiba, ia melihat seseorang wanita berdiri di sisi jembatan. 

Seketika itu dirinya langsung turun dan membujuk wanita tersebut agar tidak melakukan bunuh diri. Dengan sebuah trik mengalihkan perhatiannya, wanita tersebut akhirnya berhasil diselamatkan dari kematian. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini