Share

Anies Sebut Jakarta Sumbang 7.800 Ton Sampah per Hari

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 21 Februari 2022 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 338 2550510 anies-sebut-jakarta-sumbang-7-800-ton-sampah-per-hari-Z9C2Ve3QIi.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Ibu Kota dalam sehari menyumbang sampah mencapai 7.800 ton. Ia berharap, dengan residu sampah dapat menjadikan Jakarta Kota yang 'Zero Waste'.

"Di Jakarta setiap hari ada sekitar 7.800 ton sampah tiap hari dan ini kemudian dikelola dengan proses yang kita semua sudah ketahui sirkularnya," kata Anies dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional 2022 secara virtual, Senin (21/2/2022).

"Karena itu, kita berharap sekali Jakarta nantinya bisa menjadi kota di mana sampah residu dikelola bersama dengan baik. kalau kita perhatikan, kita ingin menjadi kota yang zero waste, tapi ini tidak mungkin terjadi bila hanya dikerjakan sendiri," imbuhnya.

Baca Juga: Sampah Menggunung di Pasar Kramat Jati, Ini Solusi Wagub DKI

Anies mengajak warga Jakarta untuk bersama sama turut serta meresidu sampah dengan memilah sampah sejak dari rumah dan memilah sesuai dengan jenis.

"Kita harus kerjakan ini sebagai sebuah proses bersama-sama. karena itu kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman aktivis kepada lembaga-lembaga yang terlibat untuk ikut membangun tentang kesadaran dan pembiasaan baru. Bagaimana dilakukan pemilahan sampah sejak dari rumah, pengangkutan sampah sesuai dengan jenis, dan harapannya ini terus-menerus dibangun," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies berharap ini tidak hanya menjadi sebuah program namun dapat menjadi sebuah gerakan dan kebiasaan baru yang diterapkan oleh semua pihak.

"Ini merupakan gerakan, gerakan itu artinya kepemilikan atas masalah ada pada semua pihak dan semua pihak dipanggil untuk terlibat, terpanggil untuk berbuat, punya perasaan tanggung jawab," tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Jaksel Gelar OTT Pembuang Sampah Sembarangan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini