Share

Hari Peduli Sampah Nasional 2022, Gubernur Anies Ingatkan Bahaya Residu

Bachtiar Rojab, MNC Media · Senin 21 Februari 2022 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 338 2550603 hari-peduli-sampah-nasional-2022-gubernur-anies-ingatkan-bahaya-residu-uPsEHkLcWS.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: dok instagram)

JAKARTA - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ingatkan bahaya residu. Dalam pidatonya, Anies mengimbau agar masyarakat peduli dalam pengelolaan sampah.

Anies mengatakan, residu yang merupakan endapan dari minyak tanah, gula dan sebagainya, penting dikelola dengan baik dan benar oleh masyarakat.

"Kita semua untuk secara sadar mengelola risiko yang kita tinggalkan, karena ketika berbicara tentang peduli sampah bukan hanya berbicira di ujungnya ketika sudah jadi sampah," ujar Anies saat berpidato di HPSN 2022, Senin (21/2/2022).

BACA JUGA:Anies Sebut Jakarta Sumbang 7.800 Ton Sampah per Hari 

Anies menilai, residu yang sebagian bisa diolah dan sebagian lagi menjadi sampah, jika dikelola dengan benar dan dikurangi pemakaian residunya, maka akan mengurangi sampah yang menumpuk.

"Dengan mengurangi residu, otomatis kita akan bisa mengurangi sampah," ujarnya.

 BACA JUGA:Viral! Emak-Emak Buang Sampah Sembarangan di Sungai, Netizen: Segera Tangkap!

Anies menyingung, bahwa menanggulangi sampah bukanlah sekedar program, namun gerakan yang harus ditanamkan di masyarakat.

"Dengan mengurangi sampah, maka insya Allah pengelolaannya lebih mudah. Ini merupakan gerakan tidak bisa dikerjakan sebagai program," ucap Anies.

Anies mengimbau, semua pihak harus merasa terpanggil terkait pengelolaan sampah, karena masalah mengenai sampah merupakan masalah khalayak umum.

"Artinya kepemilikan atas masalah ada pada semua pihak dan semua pihak dipanggil untuk terlibat," pungkas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini