Share

Bicara di Forum U20, Anies Pamerkan JAKI dan Ribuan Titik WiFi Gratis

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 25 Februari 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 338 2553043 bicara-di-forum-u20-anies-pamerkan-jaki-dan-ribuan-titik-wifi-gratis-VqtkrbLh8z.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: M Refi Sandi)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan aplikasi Jakarra Kini atau JAKI dalam Forum U20 di Kota Bandung, Jawa Barat. Di mana, JAKI memudahkan untuk mentracing masyarakat Jakarta saat pandemi Covid-19 melonjak.

"Dalam pengalaman kami di Jakarta ketika mulai pandemi kemarin, interaksi antar orang menurun lalu disiapkan platform digital untuk memantau dan mengendalikan pandemi disitu ada corona.jakarta.go.id itu di bawah platform JAKI," kata Anies dalam acara WEST JAVA Urban 20 Talks: Kota, Desa, dan Pemuda di Era Digital yang disiarkan melalui kanal YouTube Humas Jabar dikutip, Jumat (25/2/2022).

"Nah, JAKI ini menjadi satu platform untuk kita memantau perkembangan memastikan bila ada yang terkena bisa dilakukan kontak tracing yang cepat terdata," imbuhnya.

Baca Juga:  West Java U20 Urban Talks, Anies: Pemulihan Ekonomi untuk Semua

Kemudian, Anies menerangkan saat banyak RT dan RW mengalami lockdown akibat banyaknya warga yang terpapar Covid-19. Melalui JAKI terdata lengkap RT dan RW mana saja yang di lockdown.

"Yang dulu waktu itu ada RT-RW yang ditutup, RT-RW yang dijaga karena ada kontak tracing dan itu terdata disini dan prinsipnya itu bisa diakses oleh siapa saja," ucapnya.

Baca Juga: Anies Akan Bahas Masa Depan Pekerjaan di Forum U20

Anies menekankan bahwa JAKI termasuk di dalam program Jakarta Smart City (JSC). Namun, JSC bukan hanya di dalam ruang ada dashboard untuk memantau kondisi kota, melainkan melibatkan semua.

Lebih lanjut, Anies mengatakan satu sisi platform JAKI disiapkan. Akan tetapi, aksesabilitas juga perlu disiapkan dengan menyediakan ribuan titik jaringan WiFi gratis untuk siapa pun.

"Smart city itu bukan semata di dalam ruang ada dahboard untuk memantau kondisi kota, tapi melibatkan semua. Jadi di satu sisi kita siapkan platformnya namanya JAKI, sisi lain ada namanya kriteria yang harus kita penuhi. Satu aksesabilitas. Kita siapin platform. Satu sisi siapkan WiFi gratis kemudian titik akses gratis," katanya.

"Di Jakarta itu ada lebih dari 9.520 titik WiFi yang bisa diakses oleh siapa saja dan lebih dari 24 juta sudah mengakses menggunakan WiFi gratis," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini