Share

Penjambretan Pesepeda Kembali Marak, Kompolnas: Harus Jadi Perhatian!

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 01 Maret 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 338 2554527 penjambretan-pesepeda-kembali-marak-kompolnas-harus-jadi-perhatian-26xg0KBd9F.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kasus tindak kriminal khususnya penjambretan yang menyasar pesepeda di jalanan DKI Jakarta kembali marak terjadi. Atas kondisi tersebut, Kompolnas meminta aparat kepolisian dan pemerintah daerah untuk memberikan perhatian khusus.

Hal itu dikatakan Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti. Menurut dia, polisi perlu menggencarkan patroli di sejumlah titik yang dianggap rawan tindak kejahatan.

"Penjambretan terhadap para pesepeda merupakan kejahatan yang harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah dan Kepolisian, apalagi jika tren kejahatannya naik dan korbannya terluka akibat kejahatan tersebut," kata Poengky saat dihubungi, Selasa (1/3/2022).

Menurut Poengky, Pemprov DKI Jakarta dan Kepolisian perlu berkoordinasi untuk pemasangan kamera CCTV di wilayah-wilayah rawan yang terkoneksi dengan Command Center Kepolisian setempat.

Baca juga: Kronologi Pesepeda Jadi Korban Tabrak Lari di Pasar Minggu

Selain itu, polisi juga perlu memperbanyak patroli dan menempatkan anggota di wilayah-wilayah rawan guna mengantisipasi kembali terjadinya kasus tersebut.

Baca juga: Viral Pesepeda Tewas Diduga Korban Tabrak Lari di Pasar Minggu, Polisi Telusuri

Pemda dan polisi juga perlu mengedukasi masyarakat untuk berhati-hati agar jangan sampai menjadi korban penjambretan seperti tidak menggunakan sepeda dan aksesori yang terkesan mahal lantaran dapat memancing kejahatan.

"Jika ada korban kejahatan jalanan, diharapkan Kepolisian setempat segera pro aktif menindaklanjuti dengan proses lidik sidik dan mengejar untuk menangkap pelakunya, tanpa harus menunggu laporan korban," jelasnya.

Poengky menambahkan, adanya kejahatan jalanan di kota-kota besar merupakan problem yang ada di hampir semua kota di dunia.

Karenanya dalam hal ini, Pemerintah Daerah bersama Kepolisian setempat diharapkan dapat mewujudkan keamanan bagi masyarakatnya, khususnya melalui tindakan preventif dan preemtif guna mencegah terjadinya tindak kejahatan.

"Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, misalnya melalui pemasangan ribuan CCTV yang terhubung dengan Command Center Kepolisian seperti yang dilakukan oleh Kepolisian Inggris dengan melakukan patroli rutin yang dilakukan oleh semua aparat Kepolisian di dunia," imbuh dia.

"Dan jangan lupa juga untuk memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap pelaku kejahatan, khususnya di tempat-tempat umum. Dan yang terpenting adalah memproses hukum pelaku kejahatan jalanan secara tegas," pungkasnya.

Baca juga: Pertahankan Tas saat Dijambret, Bocah Perempuan di Depok Terseret hingga Terluka

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini