Share

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Bogor Sepekan ke Depan!

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 08 Maret 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 338 2558316 waspada-hujan-lebat-dan-angin-kencang-di-bogor-sepekan-ke-depan-V0Qt5qduz9.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

BOGOR - Stasiun Klimatologi BMKG Bogor memprediksi wilayah Jawa Barat terutama Kota dan Kabupaten Bogor berpotensi dilanda cuaca ekstrem hujan lebat dan angin kencang hingga 13 Maret 2022. Masyarakat diminta mewaspadai kondisi cuaca ini.

Kepala Stasiun Klimatologi Bogor Indra Gustari mengatakan kondisi dinamika atmosfer untuk wilayah Jawa Barat diprediksi dipengaruhi oleh fenomena kondisi La Nina dan IOD yang cenderung menunjukan nilai signifikan dan masih mengindikasikan adanya peningkatan curah hujan termasuk di Jawa Barat.

"Terpantau sirkulasi siklonik di sebelah utara perairan Selat Karimata, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di Jawa Barat," kata Indra dalam keterangannya, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Angin Kencang, BPBD DKI Catat 42 Pohon Tumbang dan 2 Bangunan Roboh

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di daerah konvergensi tersebut. Kondisi lokal di wilayah Jawa Barat berada pada tingkat labil, sedang hingga tinggi yang mendukung pembentukan awan konvektif.

"Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di semua kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat untuk sepekan ke depan. Sedangkan potensi hujan sangat lebat hingga ekstrim yang dapat disertai kilat/petir dan juga angin kencang dapat terjadi termasuk wilayaj Kota dan Kabupaten Bogor," ungkap Indra.

Indra menambahkan, curah hujan dengan intensitas sangat lebat hingga ekstrem masih berpotensi tinggi di wilayah Jawa Barat pada bulan Maret 2022. Di mana, sebagian besar wilayah Jawa Barat masih mengalami musim hujan dan sebagian sudah mulai memasuki masa peralihan atau pancaroba.

"Kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap masih tingginya potensi kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang serta angin puiting beliung dan cuaca ekstrim berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang pada sore hari, terutama setelah terjadinya pemanasan yang kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, ditandai dengan tumbuhnya awan yang berwarna gelap, dan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya (awan jenis Cumulonimbus)," terangnya.

Untuk daerah bertopografi curam, bergunung atau rawan longsor agar lebih waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut. Serta, daerah dataran rendah dan dekat aliran sungai mewaspadai potensi genangan atau banjir.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, dapat langsung mengakses website www.bmkg.go.id atau bisa melalui media sosial BMKG," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini