Share

Anies Canangkan Kendaraan Dinas Pemprov DKI Berbasis Listrik

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 08 Maret 2022 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 338 2558461 anies-canangkan-kendaraan-dinas-pemprov-dki-berbasis-listrik-X2xeblmKjr.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan kendaraan dinas di lingkungan Pemprov DKI berbasis listrik. Meski, pengadaan kendaraan listrik akan dilakukan bertahap.

"Di DKI sedang ada proses untuk nantinya kendaraan kendaraan dinas akan bisa menggunakan berbais listrik, tapi bertahap," kata Anies di Plaza IRTI Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga:  Jakarta Terapkan PPKM Level 2, Gubernur Anies Minta Lansia Vaksinasi Booster

Kendati, Anies tetap memprioritaskan kendaraan umum berbasis listrik. Diketahui, Anies baru saja meluncurkan 30 unit bus listrik Transjakarta dan menargetkan 100 unit hingga akhir tahun 2022 mendatang.

"Kami memprioritaskan kendaraan umum berbasis listrik daripada kendaraan pribadi berbasis listrik. Itu kenapa di Jakarta kami memilih meluncurkan kendaraan umum berbasis listrik bukan kendaraan dinas berbasis listrik," ucapnya.

Mantan Mendikbud itu menambahkan, kalau pengadaan kendaraan dinas berbasis listrik jumlah kendaraan di jalan masih sama tak ada pengurangan. "Karena kalau dinas berbasis listrik maka jumlah kendaraannya di jalan masih sama. Ini yang menjadi fokus kita," tuturnya.

Sebelumnya, Anies juga menargetkan pada 2030 mendatang kendaraan umum bus di Ibu Kota berbasis listrik. "Kita dalam fase awal ini mengoperasikan 30 nantinya 100 dan harapannya di 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi menggunakan tenaga listrik itu harapan kita," kata Anies.

Baca Juga:  Anies Jajal Bus Listrik Transjakarta Keliling Kawasan Ibu Kota

Anies menyebut hari ini,  hari bersejarah bagi sistem transportasi di Jakarta dengan dimulainya kendaraan berbasis listrik tersebut. "Hari ini menjadi hari yang bersejarah bagi sistem transportasi di Jakarta karena hari inilah dimulainya secara resmi kendaraan berbasis listrik untuk mobilitas masyarakat di Ibu Kota," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini