Share

Polisi Bantah Penetapan Tersangka Haris Azhar dan Fatia Bermuatan Politis

Erfan Maaruf, iNews · Senin 21 Maret 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 338 2565137 polisi-bantah-penetapan-tersangka-haris-azhar-dan-fatia-bermuatan-politis-s8q7NLJtLI.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya Endra Zulpan (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Polda Metro Jaya membantah tuduhan Direktur Lokataru Haris Azhar yang menyebut penetapan tersangka pada dirinya dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti bermuatan politis. Polisi mengklaim penetapan tersangka sudah sesuai fakta hukum.

"Saya rasa penyidik ini bekerja berdasarkan fakta hukum. Kita tidak pernah melihat faktor lain terutama apa yang mereka sampaikan politis dan sebagainya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Senin (21/3/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, kasus pencemaran nama baik terhadap Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan telah berjalan sesuai fakta hukum. Pasalnya kasus tersebut telah berjalan selama lima bulan dan telah beberapa kali digelar mediasi antara keduanya tidak pernah ditemukan titik temu sehingga kasus berlanjut.

"Kalau kita lihat penerapan tersangka tidak tergesa-gesa. Waktu penetapan tersangka ini hampir 5 bulan jadi cukup lama penyidik pelajari kasus ini dan penyidik sebenarnya mengedepankan restorative justice membuka ruang untuk mediasi," jelasnya.

Baca juga: Haris Sebut Penetapan Tersangka Pada Dirinya dan Fatia Bermuatan Politis

Zulpan mengklaim bahwa kasus tersebut telah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dengan minimal dua alat bukti dan berdasarkan fakta hukum. Keduanya ditetapkan tersangka terkait pelanggaran UU ITE.

Baca juga:Haris Azhar Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya Usai Ditetapkan Tersangka

Sebelumnya, Direktur Lokataru Haris Azhar menilai penetapan tersangka terhadap dirinya dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti bermuatan politis. Haris dan Fatia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"(Penetapan tersangka) ini politis," kata Haris di Polda Metro Jaya, Senin (21/3/2022).

Aktivis HAM itu juga mengatakan penetapan tersangka terhadap dirinya dan Fatia dinilai sebagai sebuah pembungkaman dan diskriminasi penegakan hukum.

"Ini upaya untuk membungkam, baik membungkam saya, membungkam masyarakat sipil, dan sekaligus menunjukkan bahwa ada diskriminasi penegakan hukum," kata Haris.

Baca juga: Jadi Tersangka, Polisi Harap Haris Azhar dan Fatia Penuhi Panggilan Penyidik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini