Share

Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Warung Kelontong di Tanjung Priok

Yohannes Tobing, Sindonews · Rabu 23 Maret 2022 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 338 2566575 angin-kencang-pohon-tumbang-timpa-warung-kelontong-di-tanjung-priok-EYrz0SrqsS.JPG Pohon Tumbang timpa warung di Tanjung Priok (Foto: MPI)

JAKARTA - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta di terjang angin kencang disertai hujan, pada Rabu (23/3/2022) siang. Akibatnya beberapa pohon besar di beberapa tempat mengalami rubuh.

Salah satunya yang terjadi di Jalan Kebon Bawang 8, RT 10/8 Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sebuah pohon jenis Bintaro setinggi 10 rubuh usai diterjang angin kencang.

Akibatnya, pohon yang memiliki diameter 50 sentimeter ini menimpa warung kelontong yang berada disamping pohon tersebut. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Salah satu warga setempat, Epoy (48) mengatakan kejadian pohon tumbang ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Dimana pohon tersebut tumbang setelah diterjang angin kencang selama tiga kali.

"Awalnya itu ada angin kencang kira-kira 5 menitan yang pertama. Yang kedua datang angin lagi 5 menitan. Ketiga kenceng banget kira-kira hitungan 1 menit. Terus pohon langsung jatuh," Kata Epoy Saat ditemui dilokasi.

Menurut Epoy saat pohon tersebut tumbang, dirinya tengah melayani pembeli. Namun seketika saat sedang membuat teh manis, tiba-tiba pohon yang berusia lebih dari 10 tahun tersebut jatuh menimpa warungnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Saya lagi di dalam warung lagi bikin teh. (Warga) yang lain pada (teriak) lari-lari jangan di situ. Udah roboh, saya cuma bengong diem dan Langsung ngindar, lari," Tuturnya.

Menurut Epoy, pohon yang dikenal warga dengan sebutan 'Mangga Boongan' ini roboh dikarenakan kondisi batang pohon yang selama ini sudah rapuh. Selain menimpa warung, pohon ini juga membuat kabel listrik dan telepon menjuntai jatuh.

"Jadi memang ini karena angin kencang. Terus ditambah kondisi dalam pohon yang sudah rapuh yang membuat pohon ini jadi tumbang," Pungkasnya.

Adapun dalam penanganan pohon tumbang ini. Suku Dinas Pertamanan Hutan Kota Jakarta Utara mengerahkan 10 petugas dibantu 6 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kebon Bawang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini