Share

Wagub DKI : Pada Tahun Perdana, Balap Formula E Tak Untung

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 27 Maret 2022 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 338 2568721 wagub-dki-pada-tahun-perdana-balap-formula-e-tak-untung-NWP4pHz4Cz.jpg Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto : MNC Portal)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui pendapatan dari balap Formula E tidak akan menguntungkan pada tahun perdana. Diketahui balap mobil listrik itu akan berlangsung di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022.

"Jadi Formula E ataupun Mandalika dan event-event lainnya tidak mungkin di tahun pertama bisa langsung untung, dia perlu waktu," ucap Ariza kepada awak media saat ditemui di Kosambi, Jakarta Barat, Minggu (27/3/2022).

Ia mengatakan, antara Formula E dan MotoGP Mandalika memerlukan waktu guna menutupi biaya pengeluaran. Kendati demikian, Ariza meyakini panitia Formula E telah memiliki perhitungan yang matang guna mendapatkan pendapatan sesuai target.

"Seperti event kemarin Mandalika dan lain-lain, itu tidak bisa di tahun pertama menutup semua cost yang ada, dia perlu waktu. Sama seperti orang bangun bisnis seperti bisnis Bu Dewi (KADIN), dia nggak bisa tahun pertama langsung modalnya ketutup. Dia ada hitungannya tapi kan kelanjutannya, positif ke depan, kan ada cashflownya," ucapnya.

Ariza juga membeberkan terkait target penonton Formula E yang tadinya 50 ribu kini hanya 10 ribu. Ia menilai kapasitas penonton ada penyesuaian dengan area sirkuit yang tersedia.

"Kalau soal kenapa, bisa ditanyakan oleh Jakpro. Itu kan harus disesuaikan. Selain masalah masih pandemi mungkin, kedua apakah tempatnya memungkinkan. Jadi harus disesuaikan dengan tempat yang ada," jelasnya.

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra itu mengaku optimis pendapatan Formula E akan tertutup dengan sponsor dan juga tiket penonton. Namun, Ariza enggan membeberkan harga tiket Formula E Jakarta tersebut.

"Incomenya mungkin berkurang tapi dari segi jumlah orang kan. Dari segi nilai belum tentu, tergantung berapa harganya. Saya belum tahu nanti harganya berapa," tuturnya.

Sebagai informasi, Jakarta bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan Formula E 2022. Rencananya, Formula E digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022.

Pengerjaan sirkuit telah dimulai sejak 3 Februari lalu. Sirkuit dibangun dengan panjang 2.400 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18 dan panjang trek lurus sekitar 527 meter.

Adapun sirkuit Formula E ditargetkan rampung pada awal April 2022 mendatang. Kini progres pembangunan sirkuit telah mencapai 87,9 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini