Share

Kriminalitas Meningkat saat Ramadan, Kapolda Metro Tingkatkan Pengamanan

Irfan Ma'ruf, iNews · Senin 04 April 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 338 2572940 kriminalitas-meningkat-saat-ramadan-kapolda-metro-tingkatkan-pengamanan-NGv96ZTsDj.jpg Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Foto : MNC Portal)

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran menyebut, umumnya angka kriminalitas meningkat pada 10 hingga 20 hari bulan Ramadan. Pelaku memanfaatkan momentum untuk melakukan kejahatan pada sejumlah toko yang beroperasi 24 jam.

Meningkatnya angka kriminalitas itu berdasarkan aksi kejahatan yang terjadi pada Ramadan tahun sebelumnya.

"Biasanya berdasarkan data statistik kriminal di hari kesepuluh dan hari kesepuluh kedua, banyak pelaku yang mencoba mencari kesempatan, seperti di toko emas, bank, toko klontong yang beroperasi 24 jam itu kami jaga supaya tidak terjadi gangguan," kata Fadil, melalui keterangannya, Senin (4/4/2022).

Fadil pun menginstruksikan jajarannya untuk menjaga keamanan selama bulan Ramadan penuh. Dia mengatakan, pihaknya tidak hanya mencegah adanya kegiatan kontraproduktif selama Ramadan, seperti sahur on the road, tawuran, dan balap liar. Pihaknya juga akan memastikan keamanan di Ibu Kota dan mencegah aksi kriminalitas.

"Polda Metro Jaya ingin masyarakat ibadah khusyuk dan ingat bukan hanya menjaga itu, kami juga menjaga agar tidak ada kriminalitas di bulan Ramadan," katanya.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, setidaknya ada 13 kawasan yang diduga kerap menjadi tempat SOTR sejumlah komunitas. Belasan kawasan itu akan dijaga ketat oleh petugas.

Sambodo mengatakan 13 kawasan itu akan dilakukan filterisasi. Kegiatan itu bakal dilakukan sejak 2 April hingga 2 Mei 2022 tiap pukul 01.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Beberapa kawasan yang ditengarai sering dijadikan sebagai tempat kegiatan semacam SOTR ada 13 kawasan. 5 kawasan menjadi tanggung jawab Polda, kemudian 2 kawasan tanggung jawab Polres Jakpus, 2 kawasan tanggung jawab Polres Jakut, 1 kawasan tanggung jawab Polres Jakbar, 2 kawasan Polres Jaksel dan 1 kawasan jadi tanggung jawab Polres Jaktim," kata Sambodo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini