Share

Pelaku Jambret Handphone Bocil Ditangkap, Ngaku Kepepet untuk Bayar Utang

Dimas Choirul, MNC Media · Jum'at 08 April 2022 06:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 338 2575264 pelaku-jambret-handphone-bocil-ditangkap-ngaku-kepepet-untuk-bayar-utang-ErG0n4c6uZ.jpg Sejumlah barang bukti penjambretan handphone di Jakarta Barat (Foto : MPI/Istimewa)

JAKARTA - Polisi meringkus dua orang pelaku penjambretan handphone milik bocah di kawasan Kembangan, Jakarta Barat. Aksi penjambretan tersebut sempat terekam video dan beredar luas di media sosial.

Dua orang tersangka yang diamankan diketahui berinisial BP (19), dan HF (14).

Kedua pelaku diamankan saat sedang berada di warung, di wilayah Karawang, Jawa Barat.

“Dua tersangka, yang satu masih di bawah umur yang satu dewasa. Inisial BP dengan HF,” ujar Kanit Reskrim Kembangan, AKP Reno Apri Wijayanto di Mapolsek Kembangan, Jakarta Barat, Kamis 7 April 2022, malam.

Reno mengatakan, kedua pelaku mengaku baru pertama kali beraksi. Mereka nekat menjambret lantaran kepepet akibat kebutuhan ekonomi.

“Menurut pengakuan pelaku baru melakukan satu kali, untuk membayar utang. HP korban sempat dijual dengan harga Rp1,1 juta,” jelasnya.

Dari tangan para tersangka, petugas menyita barang bukti berupa motor Honda Scoopy berwarna merah dan pakaian yang dikenakan pelaku dalam beraksi.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, seorang bocah menjadi korban penjambretan handphone di Jalan Murni, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Pelaku tergolong nekat melakukan aksi pencurian tersebut lantaran dilakukan di gang sempit.

Aksi penjambretam tersebut terekam kamera pengawas dan viral di media sosial setelah akun instagram @infojoglo mengunggahnya.

"PERAMPASAN HAPE DI JALAN MURNI SIANG BOLONG (BELAKANG MUSHOLA AL-IKHLAS) JOGLO JAKARTA BARAT," tulisnya dalam caption.

Dalam video itu memperlihatkan, dua orang pelaku memakai topi berboncengan melintas di jalanan tersebut. Kedua pelaku kemudian melihat ada seorang bocah yang sedang duduk bermain handphone.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Mulanya kedua pelaku menggambar situasi terlebih dahulu. Selanjutnya kedua pelaku kembali melintas di jalan tersebut dan langsung mendekati korban dan menyomot ponsel korban.

Terpisah, tetangga korban bernama Moro mengatakan aksi penjambret itu terjadi pada Selasa (29/3/2022) sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu korban sedang bermain ponsel bersama temannya.

"Memang di situ anak-anak lagi pada main hape. Biasanya emang anak-anak pada main hape disitu," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (31/3/2022).

Moro mengatakan, kejadian penjambretan itu bukan pertama kali terjadi di wilayah tersebut. Ia menyebut, sudah tiga kali terjadi. "Sudah tiga kali kejadian. Memang di situ sering ada jambret. Tahun kemarin sekali, tahun ini udah dua kali sama ini," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini