Share

Demo Mahasiswa 11 April di Jakarta Sisakan 4,59 Ton Sampah!

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 12 April 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 338 2577786 demo-mahasiswa-11-april-di-jakarta-sisakan-4-59-ton-sampah-2940LdgnCY.jpg Pasukan oranye mengangkut sampah usai demo mahasiswa. (Foto: Refi Sandi)

JAKARTA - Aksi demo mahasiswa 11 April di Patung Kuda, Gambir dan Gedung DPR-MPR RI, Senayan Jakarta menyisakan sampah 13 meter kubik atau 4,59 ton. Hal itu disampaikan Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Yogi Ikhwan.

"Cuma 13 meter kubik. Kebanyakan sampah plastik," ucap Yogi saat dihubungi, Selasa (12/4/2022).

Yogi menilai, relatif sedikitnya sampah dari demo 11 April karena bertepatan dengan bulan puasa. Ia menyebut 13 meter kubik setara dengan dua truk sampah.

"Karena bulan puasa juga. Biasanya kan sisa nasi kotak," ujarnya.

Dinas LH DKI menerjunkan ratusan pasukan oranye yang disebar di dua titik demonstrasi untuk membersihkan sampah.

 Baca juga: Mencari Dalang Kerusuhan Aksi Damai Mahasiswa, Selengkapnya Hanya di iNews Sore

Sebagai informasi, aksi demo 11 April yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Gedung DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat berakhir ricuh. Bahkan aksi berujung pembakaran sebuah pos polisi di Pejompongan, Tanah Abang, Jakarta Pusat oleh orang tidak dikenal (OTK).

Tak hanya itu, Dosen Universitas Indonesia Ade Armando juga menjadi sasaran amuk massa di Gedung DPR-MPR hingga babak belur.

Hal itu berbanding terbalik dengan aksi demo 11 April di Kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat yang berlangsung secara tertib dan aman.

Diketahui demo mahasiswa BEM SI membawa beberapa tuntutan mulai dari mendesak Presiden Joko Widodo alias Jokowi menolak wacana penundaan Pemilu 2024 atau menolak 3 periode. Mereka juga menuntut Jokowi mengkaji ulang Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN) serta mengusut tuntas para mafia minyak goreng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini