Share

Viral Hoaks Ibu Gorok Anak saat Sahur, Penyebar Video Ditangkap Polisi

Muhammad Farhan, MNC Portal · Selasa 19 April 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 338 2581247 viral-hoaks-ibu-gorok-anak-saat-sahur-penyebar-video-ditangkap-polisi-RSkoYEMqDk.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Polisi menangkap pelaku penyebar video hoaks yang menarasikan ibu menggorok leher anaknya saat waktu menjelang sahur. MRA membuat narasi video viral saat ibu berinisial Y (57) yang dituduh sengaja melukai leher putrinya sendiri, MS (16) saat menyiapkan menu sahur dengan narasi leher korban digorok.

Kapolsek Cipayung, Kompol Bambang Cipto menjelaskan pelaku adalah seorang pemuda berusia 23. MRA ditangkap pada Senin (18/4/2022) siang di kawasan Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

"Pelaku sementara kita amankan. Untuk diduga pelakunya satu warga (tinggal di satu lingkungan) dengan korban," kata Kompol Bambang menjelaskan kepada wartawan, Selasa (19/4/2022).

Menurut Kompol Bambang, berdasarkan hasil pemeriksaan Unit Reskrim Polsek Cipayung, MRA diketahui mengaku tidak berada di lokasi kejadian saat video itu direkam pada Jumat (15/4/2022). MRA mengaku mengambil video yang berdurasi 30 detik saat direkam oleh seorang warga dan disebar via grup WhatsApp yang akhirnya diunggah ke media sosial olehnya.

 Baca juga: Viral! Mobil Pengangkut Barang Lindas 2 Bocah saat Main Kardus di Tengah Jalan

"Dia berusaha mengupload video. Ternyata dia itu belum mengecek kebenaran tapi sudah langsung main upload saja, main disebarkan. Sementara yang diamankan satu orang," ujar Bambang menerangkan.

Kompol Bambang menambahkan, saat ini pihaknya meminta Y membuat laporan atas ulah MRA tersebut. Laporan dibuat atas dugaan menyebarluaskan video dengan narasi hoax guna kepentingan penyelidikan kepolisian.

"Kita minta korban untuk segera melapor. Karena sampai sekarang kita belum menerima laporan korban. Sementara pelaku kita amankan di Mapolsek Cipayung," katanya.

Video yang diunggah MRA sudah ditonton 26 juta kali di akun TikTok. Atas dasar tersebarnya video hoax itu, Y kini mendapat hujatan dari warganet dan dianggap sebagai orangtua buruk.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Ahsanul Muqaffi menyampaikan dirinya menerima keterangan tertulis dari Polsek Cipayung bahwa anak perempuan bernama MS (17) tersebut hanya tergores lehernya sedikit dan kini sudah pulang ke rumah dalam keadaan sehat walafiat.

"Setelah dibawa ke rumah sakit, ternyata MS hanya mengalami luka kecil dan telah diberikan obat pengering luka hingga dapat pulang ke rumah. MS sendiri sudah memberikan klarifikasi melalui video unggahan di akun TikTok pribadinya," ujar Ahsan menjelaskan berdasarkan keterangan, Senin (14/5/2022).

Dalam keterangan tertulis tersebut, sang ibu yang berinisial Y (54) kebetulan sedang memotong lontong yang ikut dibantu anak perempuannya, MS (17) sehingga tak sengaja tergores lehernya hingga mengeluarkan darah. Polisi pun mengonfirmasi video viral tentang penggorokan anak perempuan tersebut ternyata bohong.

"Y memotong lontong dengan pisau kecil dan tidak sengaja mengenai leher MS yang ada di dekatnya, hingga mengeluarkan darah," kata Ahsan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini