Share

Pemerintah Tekan Angka Kemiskinan di Tangerang Akibat Pandemi

Hambali, Okezone · Rabu 20 April 2022 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 338 2582398 pemerintah-tekan-angka-kemiskinan-di-tangerang-akibat-pandemi-hi1N5LaYHw.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA - Pemerintah menargetkan penurunan kemiskinan ekstrem di Indonesia pada 2023, bisa mencapai hingga 3 juta penduduk. Percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem menjadi salah satu kebijakan prioritas yang disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023.

(Baca juga: Diwarnai Tembakan, Ini Detik-Detik Penyanderan dan Perampokan Alfamart Tangerang)

Merespons pemerintah pusat, Komisi II DPRD Kota Tangerang memastikan akan menggerakkan segenap instrumen pemerintahan daerah, swasta, bersama parlemen dan masyarakat, untuk membantu terwujudnya program pengentasan yang saat ini digalakkan oleh pemerintah pusat.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang, Riyanto, menegaskan pihaknya siap mengakselerasi seluruh program-program yang dicanangkan pemerintah, khususnya pengentasan kemiskinan daerah Kota Tangerang.

“Pertama, target pemerintah seperti yang disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Manoarfa, wajib didukung dan dijalankan oleh segenap instrumen negara di Kota Tangerang,” kata Riyanto kepada wartawan, Rabu, (20/4/2022).

“Kedua, kesempatan program pemerintah pusat ini harus kita manfaatkan untuk menekan angka kemiskinan di Kota Tangerang,” sambungnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dampak destruktif dari krisis multidimensi akibat Covid-19, telah mempengaruhi psikis masyarakat serta kondisi sosial ekonomi mereka yang turun drastis, hingga masuk dalam kategori keluara pra sejahtera.

Ketua DPC PPP Kota Tangerang ini menilai turunnya tingkat kesejahteraan masyarakat saat ini, bukan hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah, DPRD, stake holder terkait, serta seluruh eksponen masyarakat.

Untuk menarik masyarakat dari jurang kemiskinan, Riyanto mengajak seluruh elemen bangsa di Kota Tangerang untuk ikut aktif dalam program pemulihan kesejahteraan masyarakat yang tepat, cepat, cermat, efektif, terukur dan efisien.

“Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS Kota Tangerang, angka kemiskinan di daerah kita semula 118,22 naik menjadi 134,24 ribu jiwa di Tahun 2022. Melalui program yang di inisiasi Pak Suharso, saya yakin angka ini akan berkurang,” ujar Riyanto.

Komisi II DPRD mendorong Pemerintah Kota Tangerang agar terus melanjutkan berbagai program peningkatan kesejahteraan masyarakat, sepert job fair online dan berbagai pelatihan keahlian yang selama ini telah bergulir di masyarakat.

“Kita memastikan akan mendukung segenap daya dan upaya yang akan dilakukan Pemkot, untuk percepatan peningkatan kesejahteraan khususnya menanggulangi kemiskinan di Kota Tangerang,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini