Share

Kenang Perjuangan Kartini, Anies Baswedan: Gagasannya Melalui Kata-Kata

Rizky Syahrial, MNC Media · Kamis 21 April 2022 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 338 2582999 kenang-perjuangan-kartini-anies-baswedan-gagasannya-melalui-kata-kata-NSbcAuqV8G.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang perjuangan R.A Kartini dalam membangkitkan kesetaraan perempuan yang dirinya perjuangkan.

"Kartini tidak mengangkat senjata, tidak memimpin gerakan, tidak pula mendirikan partai dan organisasi kebangsaan. Perjuangan Kartini adalah perjuangan gagasan melalui kata-kata. Gagasan yang ia narasikan, kata-kata yang ia tuliskan," ujar Anies Baswedan pada laman Instagramnya @aniesbaswedan Kamis (21/4/2022).

Anies mengatakan, kata-kata bagi Kartini tidak hanya sekedar senjata, tetapi bisa menjadi sebuah penyala.

"Kata-kata bagi Kartini tidak sekedar menjadi senjata, tetapi juga penyala," ujarnya.

Anies menambahkan bahwa Perkumpulan Budi Kemuliaan didirikan oleh beberapa perempuan berkedudukan tinggi di masyarakat yang terinspirasi dari buku serta kumpulan surat-surat R.A Kartini.

Baca juga: Hari Kartini, Cinta Laura Ajak Perempuan Menjadi Hebat dan Pantang Menyerah

"Dari perkumpulan ini lahirlah Rumah Sakit Budi Kemuliaan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Kemuliaan yang sepanjang sejarahnya telah tebar luaskan begitu banyak kebermanfaatan," tutur Anies.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Celine Evangelista: Jadi Wanita Gak Perlu Takut

Anies juga mengucapkan selamat kepada semua perempuan dalam merayakan Hari Kartini sebagai pembawa perubahan bagi kaum wanita di Indonesia.

"Selamat Hari Kartini. Selamat merayakan kebangkitan dan keseteraan kaum perempuan," kata dia.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini