Share

Tebing Rumah Anggota DPRD Ambruk Timpa 2 Mobil di Ciputat, BPBD Ingatkan Longsor Susulan

Hambali, Okezone · Jum'at 22 April 2022 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 338 2583179 tebing-rumah-anggota-dprd-ambruk-timpa-2-mobil-di-ciputat-bpbd-ingatkan-longsor-susulan-gfVoMwk8jJ.jpg Tebing lonsor. (Foto: Tangkapan layar)

TANGSEL - Tebing yang berada di batas Ruko Plaza Ciputat Mas, Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), longsor hingga menimpa 2 mobil yang terparkir di bawahnya.

Material longsor yang ambruk dari ketinggian sekira 5 meter itu menyebabkan kerusakan pada 2 mobil penghuni ruko. Beruntung tak ada korban jiwa atau pun luka saat kejadian.

Peristiwa longsor itu terjadi saat hujan deras melanda pada Selasa 19 April 2022 sekira pukul 16.00 WIB. Tebing yang longsor tersebut merupakan batas antara pemukiman dengan area Ruko Plaza Ciputat Mas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Uci Sanusi, mengingatkan agar aktivitas warga di sekitar lokasi longsor dihentikan sementara. Hal itu disebabkan kemungkinan adanya longsor susulan pada sisi tebing lainnya.

Baca juga: Bocah Tertimbun Longsor di Bandung Barat Tak Ditemukan, Keluarga Ikhlas

"Kalau kita mengimbau agar waspada, karena kemungkinan terjadi (longsor) tetap ada," katanya, Kamis (21/04/22).

Sebagian tebing yang longsor itu ikut menggerus sisi bangunan salah satu rumah milik anggota DPRD Kota Tangsel. Nampak dalam video yang beredar, area longsor terjadi persis di bawah rumah mewah tersebut.

"Saran kita dikosongkan dulu, kalau sekedar lewat ya bolehlah tapi untuk parkir jangan dulu sampai diperbaiki secara permanen," jelasnya.

Kini belum nampak ada perbaikan signifikan pada sisi tebing yang longsor. Hanya ada terpal berwarna biru menutupi dinding tebing. Belum diketahui secara detil mengapa longsor bisa terjadi meski tebing di sana sudah diturap.

"Ya mungkin tanahnya masih labil, itu masih dugaan saja," sambung Uci.

Guna mencegah hal sama terulang, BPBD Tangsel berharap proses perbaikan turap pada dinding tebing segera dilakukan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK).

"Tinggal nanti dari Dinas PU (DSDABMBK) tindakan selanjutnya apa untuk mengurangi resiko atau kemungkinan terjadi lagi," ungkapnya.

Sekuriti di kawasan Ruko Plaza Ciputat Mas sudah memasang tanda agar tak ada penghuni Ruko yang beraktivitas di sekitar dinding tebing. 

"Kita sudah pasang tanda agar semua penghuni Ruko nggak ada yang melintas atau parkir di sana sampai ada perbaikan," ucap Komandan Regu Sekuriti Ruko, Sutaji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini