Share

Mudik Gratis 2022, Wagub DKI: Antusiasme Warga Luar Biasa

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 22 April 2022 00:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 338 2583181 mudik-gratis-2022-wagub-dki-antusiasme-warga-luar-biasa-CAfXuGZEvw.jpg Wagub DKI Ahmad Riza Patria. (Foto: Refi Sandi)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan antusias warga dalam mengikuti program mudik gratis dari Pemprov DKI sangat luar biasa.

"(Antusiasme warga mudik gratis) luar biasa ya banyak sekali," kata Ariza sapaan akrabnya kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Ariza pun mempersilahkan warga untuk mendaftar apabila ingin ikut program mudik gratis. Sebab, pada dasarnya baik pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan instansi lainnya berkolaborasi memfasilitasi warga yang hendak mudik gratis Lebaran tahun ini.

"Ya kan sudah di sampaikan kita mempersilahkan daftar bagi warga yang ingin mudik gratis. Kan sudah diadakan pemerintah pusat melalui Kemenhub, ya TNI-Polri membantu, Pemprov DKI, pihak swasta membantu. Kami mengajak semua pihak kita berkolaborasi bersama termasuk swasta untuk memberikan bantuan dukungan bagi oelayanan mudik gratis warga," ucapnya.

Baca juga:Ā Ā Wagub DKI: Pembangunan Sirkuit Formula E dalam Pengawasan FEO

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia diĀ https://www.mudikgratisdkijakarta.id/Ā hingga Kamis (21/4/2022) pukul 22.00 WIB, kuota mudik gratis DKI pada arus mudik tersisa 3.090 kursi dari total 11.680 atau 292 unit bus. Sedangkan arus balik tersisa 463 kursi dari total 8.000 kursi atau 200 unit bus.

Kemudian khusus truk pengangkut motor pada arus mudik tersisa 299 dari total 660 atau 22 unit truk. Untuk arus balik tersisa 0 dari total 270 atau 9 unit truk.

Sebelumnya, Pemprov DKI JakartaĀ mengadakan programĀ mudikĀ gratis bagi warga Ibu Kota. Program mudik gratis tersebut dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta dengan kuota sebanyak 19.680 peserta.

Hal ini diumumkan Dishub DKI melalui unggahan akun instagram resminya @dishubdkijakarta. Dalam unggahan akun tersebut, program mudik Dishub DKI Jakarta dilaksanakan dengan tujuan ke lima provinsi.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

ā€Mudik Aman Mudik Sehat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk seluruh warga Jakarta dengan tujuan ke 17 kota dan kabupaten di 5 (lima) Provinsi (Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur),ā€ cuitnya, Sabtu (16/4).

Kendati demikian, terdapat syarat utama bagi warga yang hendak mengikuti program mudik gratis pemprov DKI tersebut. Adapun syarat utamanya ialah sudah menerima vaksin booster dan memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta.

"Calon pemudik yang ingin mengikuti program ini diutamakan bagi mereka yang sudah menerima vaksin dosis 3 (booster), membawa sepeda motor, dan diutamakan yang akan melakukan perjalanan arus mudik serta arus balik ke DKI Jakarta,ā€ lanjut cuitan akun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini