Share

Pemprov DKI Bakal Gelar Festival Bedug di JIS saat Malam Takbiran, Begini Teknisnya

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 22 April 2022 02:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 338 2583188 pemprov-dki-bakal-gelar-festival-bedug-di-jis-saat-malam-takbiran-begini-teknisnya-mlOJfDWAiQ.jpg JIS. (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggelar festival bedug di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara saat malam takbiran.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Aceng Zaini membenarkan adanya kegiatan tersebut. Acara akan dibatasi jumlah penontonnya dan hanya berlangsung dua jam.

"Kita ada tampilan bedug takbiran. masing-masing wilayah kota menampilkan kreasi bedugnya di JIS. mulai 19.30-22.00 WIB mungkin ya menyesuaikan acaranya. tidak terlalu lama, 2 jam saja karena jam 8 sudah mulai," kata Aceng saat dihubungi melalui telepon, Kamis (21/4/2022).

"Di dalam itu tidak boleh banyak, 300 orang nanti dibatasi saja kalau sudah melebihi kapasitas kita sesuaikan bisa lihat dari luar kan. Nanti kan suara bedug terdengar di mana-mana, makanya dibatasi sampai 300 orang saja. Batas maksimal," tambahnya.

Aceng menambahkan bahwa pelaksanaan Festival Bedug akan berlangsung di selasar bagian barat JIS atau tempat pelaksanaan Salat Idul Fitri 1443 hijriyah.

Baca juga:  Pemprov DKI Akan Gelar Takbiran dan Sholat Idul Fitri di JIS

"Di ramp (selasar) barat. sama lokasinya dengan pelaksanaan Idul Fitri nanti di situ itu yang memungkinkan di selasarnya," ujarnya.

Aceng belum dapat memastikan terkait kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Festival Bedug tersebut. Kendati demikian, Ia memastikan Anies akan hadir saat Salat Idul Fitri.

"Kalau Pak Anies situasional, kalau Pak Anies pastinya dateng pas salat Idul Fitri. Itu kan tidak ada seremonial, hanya mungkin penampilan masing-masing wilayah kota saja. Kalau seremonial ditakuti ada kerumunan massa, sementara besoknya kan (lokasi) mau dipakai salat jadi satu paket," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun menyebut bahwa teknisnya nanti akan diatur.

"InsyaAllah nanti diatur," ucap Ariza singkat di Balai Kota Jakarta, Senin (4/4).

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Kemudian, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Gunas Mahdianto membeberkan bahwa acara menjelang akhir Ramadan akan dilaksanakan di JIS.

"Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam lebaran. Salat Idulfitri 1443 H di jakarta International Stadium," ujar Gunas dalam keterangannya dikutip, Minggu (3/4).

Gunas juga mengatakan juga akan diselenggarakan beragam kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Kegiatan dilakukan dengan kolaborasi antar OPD Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta.

“Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadan. Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini